Libur Panjang di Rumah Saja Bersama Anak? Lakukan Ini Agar Lebih Seru

  Jumat, 23 Oktober 2020   Rizma Riyandi
Ilustrasi--Anak (Shutterstock)

GENTENG, AYOSURABAYA.COM -- Libur panjang Anda harus dihabiskan bersama anak di rumah? Jangan khawatir, sebab ada banyak aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan. Simak daftar aktivitas fisik yang bisa Anda lakukan bersama berikut ini.

Dilansir dari Suara.com, lewat aktivitas fisik orangtua sekaligus bisa merangsang perkembangan motorik anak. Pendampingan orangtua diperlukan agar anak menjalani aktivitas fisik yang sesuai dengan usia anak.

Dokter Spesialis Anak dr. Cynthia Rindang Kusumaningtyas, Sp.A menjelaskan, contoh kegiatan aktivitas fisik bayi di antaranya seperti tengkurap, berguling, merangkak, dan meraih benda.

\"Atau bermain bola dalam posisi duduk selama 30 menit per hari, juga sudah merupakan bentuk olahraga pada kelompok usia tersebut,\" ujar dr. Cynthia dalam keterangannya beberapa waktu lalu.

AYO BACA : Seputar Vaksin Covid-19: Benarkah Terbuat dari Babi dan Bisa Dibuat dalam Waktu Singkat?

Sedangkan jika anak sudah masuk usia balita atau anak di bawah lima tahun, aktivitas fisik juga bisa berupa berjalan-jalan di sekitar rumah, pergi ke taman sambil mencari serangga, bermain pasir, dan membantu menyiram tanaman di rumah.

\"Total 180 menit sehari akan menjadi alternatif kegiatan yang menyenangkan bagi anak di bawah lima tahun,\" tutur dokter yang berpraktik di RSPI Puri Indah itu.

Lebih lanjut untuk anak yang lebih besar atau di atas 5 tahun, mereka sudah membutuhkan olahraga dengan intensitas lebih tinggi.

Minimal berdurasi 60 menit dalam satu hari seperti main petak umpet, naik sepeda, hiking, menari, atau berlari.

AYO BACA : DKPP Beri Peringatan Begini ke Risma Soal Pilkada Surabaya

Tapi jika sudah diusahakan, namun anak tidak kunjung menyukai aktivitas olahraga, kegiatan harian seperti berkebun, membantu orangtua mencuci kendaraan, bersih-bersih rumah seperti menyapu dan mengepel lantai, juga termasuk aktivitas fisik yang baik.

\"Jadi buatlah variasi pilihan kegiatan setiap harinya dan libatkanlah anak yang berusia lebih besar untuk menentukan aktivitas yang ingin dilakukannya,\" kata dr. Cynthia.

\"Keterlibatan seluruh anggota keluarga saat melakukan aktivitas fisik dalam suasana yang menyenangkan tentunya juga akan membuat anak lebih bersemangat untuk berolahraga,\" lanjutnya.

Tapi ingat juga, saat ini kita hidup di masa pandemi Covid-19 dan harus mengadaptasi kebiasaan baru atau new normal. Jadi beri pengetahuan pada anak, agar tidak terlalu lama berada di luar rumah.

\"Agar lama kelamaan ia juga bisa menjaga dirinya sendirinya. Anda dan keluarga tetap dapat berkegiatan, namun ingat, tetap terapkan protokol kesehatan yang ketat ya, agar Anda sekeluarga tetap sehat,\" tutup dr. Cynthia.

AYO BACA : Setelah Dicari 8 Hari, Bocah 17 Bulan di Malang Ditemukan Tewas di Saluran Air

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar