5 Cara Meningkatkan Jumlah Followers di Instagram

  Rabu, 28 Oktober 2020   Rizma Riyandi
Ilustrasi--Instagram (Shutterstock)

GENTENG, AYOSURABAYA.COM -- Instagram kini berperan menjadi alat penting bagi banyak bisnis dan pembuat konten. Platform yang memiliki 1 miliar pengguna setiap bulan ini menjadi tempat ideal bagi pengguna yang ingin berinteraksi dengan orang baru ataupun calon pelanggan.

Dikutip dari Suara.com, bagi para pelaku bisnis dan pembuat konten yang baru memulai mungkin merasa kesulitan untuk memulai dan mendapatkan pengikut di Instagram. Dilansir dari Android Authority, Rabu (28/10/2020), ada banyak cara untuk mengoptimalkan penggunaan Instagram dan menambah pengikut. Berikut ini lima tips untuk meningkatkan jumlah pengikut di Instagram:

1. Rancang strategi konten

Untuk menarik minat pengguna lainnya, pengguna harus merancang strategi konten. Pertama, perlu memikirkan alasan mengapa ingin mendapatkan lebih banyak pengikut di Instagram dan tujuannya. Apakah ingin memperluas basis penggemar untuk berbagi konten atau ingin meningkatkan vasibilitas bisnis.

Selanjutnya, pengguna juga harus menentukan siapa audiens dari konten tersebut. Seperti siapa yang diinginkan untuk melihat konten, berapa umurnya, hingga wilayah tempat tinggal. Mengumpulkan informasi seperti ini tentang audiens yang dituju akan sangat membantu dalam merancang strategi konten.

2. Optimalkan profil Instagram

Sebelum orang lain mengikuti akun Instagram pengguna, orang-orang tersebut akan membuka profil dan memeriksa biografi, gambar terbaru, hingga mungkin mengklik URL yang tertera. Oleh karena itu, Anda harus mengoptimalkan profil Instagram.

AYO BACA : Minta Deposito Rp 1,76 Miliar Dicairkan, Warga Surabaya Gugat BCA

Buat biografi singkat namun informatif. Jelaskan siapa pengguna, misalnya mencantumkan pekerjaan seperti food blogger dan semacamnya.

Anda pun hanya dapat memiliki satu URL di bio. Lewat URL tersebut, pengguna dapat menautkan ke media sosial lain, situs web ataupun URL lain yang sesuai.

Pastikan gambar profil juga merepresentasikan akun Instagram pengguna. Jika akun tersebut berfokus pada bisnis, gunakan logo pada gambar profil agar lebih profesional.

Tips praktis lainnya adalah pastikan nama dan nama pengguna (username) dapat ditelusuri di Instagram dan berhubungan dengan minat atau pekerjaan Anda.

3. Unggah konten yang berkualitas

Pastikan mengunggah konten berkualitas yang diinginkan lebih banyak orang. Tidak ada orang yang ingin melihat gambar buram atau resolusi pecah. Sebagian besar pengguna Instagram ingin melihat sesuatu yang estetis.

Baik saat pengguna mengunggah gambar adegan, seseorang atau diri sendiri, atau sesuatu seperti makanan dan produk, pastikan gambar tersebut difokuskan dengan baik dan memiliki pencahayaan yang cukup.

AYO BACA : Banjir Bandang Rendam Ribuan Rumah di Tujuh Desa Trenggalek

Selain itu, tulis teks atau caption yang fantastis. Caption tersebut bisa berisi kata-kata jenaka, motivasi, bahagia, serius, dan lainnya. Pastikan kata-kata tersebut cocok dengan foto dan pesan yang ingin pengguna sampaikan.

4. Konsisten

Ini adalah salah satu hal terpenting yang harus diingat ketika mencoba untuk mendapatkan lebih banyak pengikut Instagram. Jika pengguna mengunggah sekali setiap bulan, pengikut tidak akan mendapatkan konten yang diinginkan.

Pengguna setidaknya harus mengunggah konten sekali dalam sehari untuk mendongkrak jumlah pengikut. Tetapi jika tidak bisa melakukannya dan hanya bisa mengunggah konten dua atau tiga kali dalam seminggu, pastikan untuk menetapkan jadwal unggah dan mematuhinya.

Bersikap konsisten adalah cara terbaik untuk membangun komunitas dan berinteraksi dengan pengikut pengguna. Jika lupa mengunggah, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang mampu menjadwalkan kiriman Instagram, salah satunya seperti aplikasi Sprout Social, Hootsuite, dan Tailwind.

5. Gunakan hashtag dengan benar

Hashtag atau tagar dapat membantu meningkatkan jumlah pengikut, jika digunakan dengan benar dan tepat. Jika memiliki kontes atau acara tertentu yang ingin pengguna manfaatkan, buat hashtag khusus dan ajak pengikut untuk menggunakan tagar tersebut.

Anda dapat menggunakan hashtag yang sesuai untuk niche dan gunakan untuk keuntungan pengguna. Jika kesulitan menemukan hashtag yang cocok, pengguna dapat menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga seperti Hashtagify, For Display Purposes Only, atau Hashtag Expert.

Pengguna dapat meletakkan hashtag di bagian bawah caption atau di komentar pertama. Anda dapat menggunakan hingga 30 hashtag tetapi juga dapat meminimalkannya, menjadi sembilan atau sepuluh agar konten tidak terlihat seperti spam hashtag.

Poin-poin di atas merupakan tips untuk meningkatkan jumlah pengikut atau follower di Instagram yang dapat dilakukan pengguna, baik untuk memulai menjadi pembuat konten ataupun bisnis.

AYO BACA : Disnaker Jatim Segera Panggil Dewan Pengupahan untuk Tentukan UMP

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar