Menyerapi Makna dari Ikrar Sumpah Pemuda pada 28 Oktober, Kamu Sudah Tahu?

  Rabu, 28 Oktober 2020   Rizma Riyandi
ilustrasi sumpah pemuda [shutterstock]

GENTENG, AYOSURABAYA.COM -- Pada momen peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-92 tahun 2020 ini tepat rasanya jika kita turut membagikan kata-kata Sumpah Pemuda. Sudah lebih dari 8 dasawarsa Bangsa Indonesia terus memperingati Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober sebagai satu pengingat dari sejarah nasional yang mengagumkan.

Dilansir dari Suara.com, sudah saatnya bagi generasi muda Indonesia untuk terus bersatu dan membulatkan tekad kuat membangun Tanah Air Indonesia. Perjuangan para pahlawan yang telah mendirikan Indonesia haruslah dimaknai dengan sepenuh jiwa. Hingga titik darah penghabisan, generasi muda seharusnya memiliki semangat yang terus berkobar untuk saling bahu-membahu dalam membela Tanah Air Indonesia.

Sebenarnya, makna Hari Sumpah Pemuda bukanlah setahun sekali, tetapi harus terus ada di setiap hari dari perjalanan hidup generasi muda Indonesia. Sumpah Pemuda merupakan suatu ikrar pemuda-pemudi Indonesia yang mengaku bertumpah darah satu, tanah Indonesia, mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

AYO BACA : 97 Remaja Mojokerto Hamil di Luar Nikah

Ikrar tersebut merupakan hasil sebuah putusan Kerapatan Pemoeda-Pemoedi atau Kongres Pemuda II yang digelar pada 27-28 Oktober 1928. Hasil putusan tersebut yaitu:

Pertama, Kami Putra-Putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.

Kedua, Kami Putra-Putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.

AYO BACA : Samsung Galaxy S21 Diisukan Tak Akan Dilengkapi Charger

Ketiga, Kami Putra-Putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Kata-kata Sumpah Pemuda tentang Semangat Generasi Muda
- Selamat Hari Sumpah Pemuda untuk para pemuda. Belajarlah tanpa kenal lelah, dan jadilah pemuda yang berkualitas dan selalu menjunjung tinggi nasionalisme di atas segalanya.
- Bangkitlah para pemuda! Jangan terlena dengan keadaan, dan ingatlah bahwa kita masih dalam perjuangan yang sesungguhnya. Tetaplah berpedoman dengan ikrar Sumpah Pemuda yang kita miliki.
- Busungkan dadamu, wahai pemuda! Pandanglah ke depan, ikrarkan Sumpah Pemuda dengan sepenuh hati dan raihlah sebuah kemerdekaan, Kemerdekaan Indonesia yang sejati. Selamat memperingati Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2020.
- Jika kita mempunyai keinginan yang kuat dari dalam, maka alam akan saling bahu-membahu untuk mewujudkannya. Selamat Hari Sumpah Pemuda 2020!

Kemajuan suatu bangsa akan terletak di genggaman para pemuda. Itulah mengapa, seluruh pemuda Indonesia sebaiknya memaknai Hari Sumpah Pemuda dengan penuh semangat.

Demikian ikrar dan kata-kata Sumpah Pemuda yang dapat kalian bagikan kepada teman dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda 2020.

AYO BACA : 5 Cara Meningkatkan Jumlah Followers di Instagram

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar