BLT Pekerja Termin 2 Bakal Cair Sebentar Lagi! Ayo Cek Status Penerima di Sini

  Rabu, 28 Oktober 2020   Rizma Riyandi
Ilustrasi--Uang (pixabay)

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM -- Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menyampaikan pencairan bantuan subsidi upah (BSU) atau bantuan langsung tunai (BLT) akan dilakukan pada awal November 2020.

Para pekerja formal bergaji di bawah Rp5juta per bulan yang telah menerima BSU atau BLT Rp1,2 juta dari Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) pada termin 1 dipastikan menerima kembali bantuan tersebut pada termin 2.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah, dikutip pada laman resmi Sekretariat Kabinet, mengatakan, apabila penyaluran BLT atau BSU pada termin 1 rampung 100%, Kemnaker akan melakukan evaluasi terlebih dahulu sebelum pembayaran termin 2 yang paling lambat disalurkan pada awal bulan depan.

AYO BACA : 97 Remaja Mojokerto Hamil di Luar Nikah

“Kami targetkan termin II mulai disalurkan pada akhir Oktober 2020 atau paling lambat penyalurannya akan dimulai awal November 2020,” ujar Ida dilansir setkab.go.id, Rabu (14/10/2020).

Penyaluran dana BLT atau BSU Rp600 ribu per bulan disalurkan dalam dua termin dengan jumlah bantuan masing-masing termin senilai Rp1,2 juta, sehingga total yang diterima adalah Rp2,4 juta.

Total anggaran BLT atau BSU pekerja formal ini awalnya Rp37,7 triliun yang ditargetkan bagi 15,7 juta pekerja. Namun, hingga batas akhir penyerahan data oleh BPJS Ketenagakerjaan atau BPJamsostek, totalnya hanya mencapai 12,27 juta pekerja.

AYO BACA : Samsung Galaxy S21 Diisukan Tak Akan Dilengkapi Charger

Sebelumnya, Kemnaker juga menjelaskan untuk memastikan rekening pekerja yang didaftarkan oleh perusahaan atau pemberi kerja juga bisa mengecek di link yang sudah disiapkan pemerintah melalui Kemnaker, yakni:

1. https://bsu.kemnaker.go.id
2. https://kemnaker.go.id
3. https://account.kemnaker.go.id/auth/login
4. Login melalui BPJSTK Mobile
5. Login melalui Website Website sso.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Selain itu, Kemnaker juga membeberkan terdapat 5 hal yang dapat menyebabkan terhambatnya proses pencairan dana BLT atau BSU seperti yang terjadi pada saat pencairan termin 1.

Menurut Kemnaker, kendala pencairan dana BLT atau BSU termin 2 dapat disebabkan oleh 5 hal ini :

1. Rekening tidak sesuai NIK
2. Rekening yang sudah tidak aktif
3. Rekening pasif
4. Rekening yang tidak tercatat
5. Rekening telah dibekukan oleh Bank

AYO BACA : 5 Cara Meningkatkan Jumlah Followers di Instagram

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar