CPNS 2019 Diumumkan Jumat 30 Oktober 2020, Cek Link-nya di Sini!

  Jumat, 30 Oktober 2020   Fira Nursyabani
Ilustrasi CPNS

AYOSURABAYA.COM -- Seleksi CPNS 2019 diumumkan, Jumat (30/10/2020). Untuk mengetahui lolos atau tidaknya, Anda harus login sscn.bkn.go.id sekarang juga. 

Badan Kepegawaian Nasional (BKN) telah melakukan rangkaian tes seleksi CPNS seperti tes seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang dimulai pada 1 September hingga 12 Oktober 2020 lalu.

Berikut ini adalah panduan lengkap yang perlu diperhatikan saat login sscn.bkn.go.id untuk cek pengumuman akhir seleksi CPNS 2019.

Cara Cek Pengumuman CPNS 2019

Berikut ini adalah cara untuk mengetahui apakah lolos seleksi atau tidak sebagai CPNS 2019 yang dikutip dari laman sscn.bkn.go.id:

1. Langkah pertama adalah setiap peserta login ke akun SSCN 2019 melalui tautan https://sscndaftar.bkn.go.id/login.
2. Lalu mengisi username (NIK) dan password akun yang telah dibuat saat registrasi.
3. Jika telah berhasil login, maka setiap peserta akan dihadapkan oleh pengumuman lulus atau tidak. Jika peserta dinyatakan LULUS, maka akan muncul dropdown list untuk memilih apakah yang bersangkutan ingin melanjutkan ke pengisian Daftar Riwayat Hidup (DRH) dan pemberkasan atau ingin mengundurkan diri.

Jika peserta memilih “Tidak, Saya ingin mengundurkan diri”, maka akan muncul kolom unggah Surat Pengunduran diri yang template-nya sudah disediakan di bawah tombol Unggah.

Namun jika memilih “Ya”, maka akan muncul tombol pengisian DRH. Anda harus mengisi DRH, Mencetak DRH, upload DRH, serta dokumen pemberkasan.

Tahap Berikutnya bagi Peserta yang Lolos CPNS 2019

Penting untuk diperhatikan, bahwa bagi peserta yang lolos semua tahapan seleksi tidak akan langsung diangkat menjadi PNS, namun masih ada beberapa tahapan lagi yang harus dilalui.

Tahapan tersebut meliputi, pemeriksaan keabsahan dokumen pendidikan, serta kesehatan. Selain itu, setiap peserta yang terbukti memiliki keterlibatan dengan Parpol dan politik praktis dapat digugurkan kelulusannya.

Semua aturan tersebut telah tertuang di dalam Peraturan BKN Nomor 14 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Pengadaan PNS. Peserta bisa mengakses hasil tersebut dari instansi tempat melamar atau instansi terkait.

Kemudian untuk masa sanggah, masa ini akan berlangsung selama tiga hari yaitu, pada tanggal 1-3 November 2020. Selanjutnya baru akan dilakukan tahap lanjutan, yaitu proses pemberkasan.

Tahapan yang terakhir adalah penetapan NIP. Para peserta yang lolos seleksi CPNS 2019 akan mendapatkan Nomor Induk Pegawai (NIP). Tahap ini akan berlangsung hingga 30 November 2020 mendatang.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar