Ada Awan Lentikularis Muncul Dekat Gunung Arjuno, Apakah Ini Tanda Bahaya?

  Kamis, 05 November 2020   Rizma Riyandi
Penampakan awan lentikularis di sekitar Gunung Arjuno, Jawa Timur (Jatim), Kamis (5/11). (Istimewa)

MALANG, AYOSURABAYA.COM -- Penampakan awan mirip piring terbang (UFO) terlihat di sekitar Gunung Arjuno, Jawa Timur sejak Kamis (5/11) pagi. Kejadian ini pun menarik banyak perhatian masyarakat sekitar untuk diabadikan ke dalam foto atau video.

Dilansir dari Republika.co.id, Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda, Teguh Tri Susanto mengatakan, fenomena yang muncul di sekitar Gunung Arjuno dikenal dengan nama awan lentikularis. Awan ini biasanya hadir di sekitaran gunung atau dataran tinggi.

AYO BACA : Rumah di Malang Doyong Gara-gara Fenomena Tanah Bergerak

\"Secara umum tidak berbahaya, akan tetapi bagi dunia penerbangan cukup berbahaya karena pesawat yang melintasinya akan mengalami turbulensi atau guncangan,\" katanya kepada Republika.co.id, Kamis (5/11).

Teguh menjelaskan, awan lentikularis terjadi akibat gelombang udara gunung atau angin lapisan atas (di atas permukaan) yang cukup kuat dari suatu sisi gunung kemudian membentur dinding pegunungan sehingga menimbulkan turbulensi di sisi gunung lainnya. Proses ini membentuk awan-awan bertingkat yang berputar seperti lensa.

AYO BACA : Ada Motor Terparkir di Tengah Jembatan Suramadu, Pemiliknya ke Mana?

Menurut Teguh, awan-awan ini mengindikasikan adanya turbulensi atau putaran angin secara vertikal yang cukup kuat. Oleh sebab itu, keberadaannya berbahaya bagi penerbangan rendah seperti helikopter di sekitar awan yang berbentuk seperti topi caping ini.

Teguh menegaskan bahwa penampakan awan lentikularis secara meteorologi tidak mengindikasikan fenomena lain seperti gempa atau bencana besar lainnya. Fenomena awan lentikularis sebenarnya jarang terjadi dan hanya bersifat momentum. Kejadian ini biasanya ditandai dengan kecepatan angin yang cukup kuat.

\"Awan lentikularis dapat terjadi lebih dari beberapa hari di sekitar pegunungan,\" kata dia.

AYO BACA : Kesalahan Fatal! Begini Omongan Eri Cahyadi Soal Laboratorium PCR Saat Debat Pilkada Surabaya

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar