BLT TERMIN 2 TAHAP 1: Cek Rekening! Prediksi Cair ke BCA, CIMB Niaga, Danamon Hari Ini!

  Jumat, 13 November 2020   Aini Tartinia
BLT Termin 2 tahap 1 cair

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM--Bantuan subsidi upah (BSU) atau yang biasa disebut bantuan langsung tunai (BLT) termin 2 tahap 1 sudah mulai disalurkan, namun bank swasta akan lebih lama menerima dana senilai Rp1,2 juta tersebut.

Hal ini dikarenakan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) ang memakan waktu lama sehingga transferan dana BLT atau BSU bakal lama juga sampai di rekening BCA, Danamon, CIMB Niaga kalian.

Dari pengalaman pencairan sebelumnya pada BLT atau BSU termin 1, memang untuk pencairan bank swasta selalu terakhir jika dibandingkan dengan bank Himbara (Himpunan Bank Milik Negara). Oleh karena itu, para pekerja diminta Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) untuk bersabar.

Pekerja yang mempunyai rekening bank Himbara seperti BRI, BNI, BTN dan Mandiri akan cair pada hari kerja saat transfer.

Sementara itu, untuk pekerja yang memiliki rekening di luar bank Himbara seperti BCA, BPD dan lain-lain akan membutuhkan waktu transfer 3 hingga 5 hari (kliring via bank Indonesia).

Jika melihat waktu pencairan, maka diprediksi Jumat 13 November 2020 yakni hari ini BLT atau BSU termin 2 tahap 1 untuk bank swasta cair, seperti Ayojakarta kutip dari kanal YouTube Guru Dok TV.

Diketahui, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) telah menyalurkan BLT atau BSU termin 2 tahap 1 pef Senin 9 November pada 2,18 juta penerima, rencananya Kemnaker akan mencairkan pada dua tahap (batch) sekaligus di minggu ini.

Hal ini disampaikan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah, menurutnya skema penyaluran sebelumnya maka pencairan termin 2 juga sama modelnya dengan termin 1.

"Kami upayakan dalam satu minggu bisa diproses 2 tahap (batch) langsung, sehingga dapat segera diterima teman-teman pekerja dan buruh untuk membantu daya beli dan konsumsi masyarakat," kata Ida di Jakarta, Senin (9/11/2020).

BLT atau BSU disalurkan kepada para pekerja atau buruh yang bergaji kurang dari Rp5 juta per bulan. Bantuan pemerintah berupa subsidi gaji sebesar Rp600 ribu disalurkan selama empat bulan atau total Rp2,4 juta.

Bantuan ini disalurkan secara bertahap yakni termin 1 sebesar Rp1,2 juta pada September 2020 hingga Oktober 2020 dan termin 2 sebesar Rp1,2 juta pada November 2020 hingga Desember 2020.

Dan berikut cara untuk mengecek apakah kalian masuk atau tidak sebagai penerima BLT atau BSU termin 2 dari pemerintah:

1. https://bsu.kemnaker.go.id

2. https://kemnaker.go.id

3. Login melalui BPJSTK Mobile

4. Login melalui Website sso.bpjsketenagakerjaan.go.id

5. Melalui SMS

Pengecekan saldo JHT juga bisa digunakan sekaligus untuk mengetahui apakah status kepesertaan masih aktif atau tidak.

6. Melalui WhatsApp

Selain melalui web dan SMS kalian dapat mengecek lewat Whatsapp dengan nomor 08119115910 atau 08551500910.

Nah, itu tadi cara cek apakah kalian terdaftar atau tidak sebagai penerima BLT atau BSU termin 2, jika sudah diinformasikan Kemnaker pasti cair terutama kepada para pekerja yang bergaji dibawah Rp5 juta. Semoga bermanfaat.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar