Kemendikbud Akan Buat Rekening Baru bagi Penerima BLT Guru Honorer, Simak Syaratnya

  Rabu, 18 November 2020   Aini Tartinia
Ilustrasi BLT guru honorer Kemendikbud

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM--Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan membuka rekening baru bagi 2 juta guru honorer dan tenaga kependidikan (GTK) non-PNS (Pegawai Negeri Sipil) penerima bantuan subsidi upah (BSU) atau bantuan langsung tunai (BLT) senilai Rp1,8 juta.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim, mengatakan untuk sistem pencairan pihaknya bakal buka rekening baru untuk setiap tenaga kependidikan penerima BLT atau BSU guru honorer yang nantinya akan disalurkan secara bertahap sampai dengan akhir November 2020.

Maka dari itu, pendidik dan tenaga kependidikan penerima BLT atau BSU guru honorer dapat mengakses info.gtk.kemendikbud.go.id atau pddikti.kemendikbud.go.id untuk mencari informasi mengenai status pencairan, rekening bank, dan lokasi bank penyalur.

Nadiem melanjutkan, para penerima BLT atau BSU guru honorer harus menyiapkan sejumlah dokumen persyaratan seperti, Kartu Tanda Penduduk (KTP), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) jika ada, surat keputusan dari penerima BSU dan surat pernyataan tanggung jawab mutlak (SPTJM) yang dapat diunduh melalui dua situs tersebut kemudian diberi materai dan yang telah ditandatangani oleh sang penerima.

Selanjutnya, para penerima BLT atau BSU guru honorer bisa mendatangi bank penyalur untuk melakukan aktivasi rekening dan menerima uangnya dengan membawa dokumen yang dipersyaratkan dan menunjukkan kepada petugas bank penyalur untuk diperiksa.

“Jadi, tenaga kependidikan diberikan waktu untuk mengaktifkan rekening hingga 30 Juni 2021,” ujarnya.

Pemberian aktivasi rekening ini memang cukup panjang, menurut Nadiem, hal ini merupakan tujuan positif agar bisa memastikan semua tenaga kependidikan dapat memperoleh BLT atau BSU guru honorer. “Bila ada kendala teknis dan sebagainya, waktu cukup panjang untuk memperoleh dana BSU itu,” kata Nadiem.

Diketahui, Nadiem merincikan 2 juta orang penerima BLT atau BSU guru honorer ini meliputi guru honorer di tingkat negeri dan swasta sebanyak 1,63 juta orang, dosen perguruan tinggi negeri dan swasta ada 162 ribu orang, dan tenaga kependidikan ada 237 ribu orang.

Sasaran penerima BLT atau BSU guru honorer ini meliputi:

1. Dosen

2. Guru

3. Guru yang diberi tugas sebagai kepala sekolah

4. Pendidik Paud (Pendidikan Anak Usia Dini)

5. Pendidik Kesetaraan

6. Tenaga Keperpustakaan

7. Tenaga Laboratorium

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar