7 Gerbong Kereta di Malang Jalan Sendiri, Daop 8 Lakukan Penyelidikan

  Kamis, 19 November 2020   Rizma Riyandi
Proses evakuasi gerbong kereta anjlok di Malang (suarajatimpost)

MALANG, AYOSURABAYA.COM -- PT Kereta Api Daop 8 Surabaya masih melakukan penyelidikan internal terkait 7 gerbong kereta api yang jalan sendiri dan menabrak eskavator.

Dilansir dari Suara.com, sementara ini Daop 8 sedang melakukan evakuasi ketujuh gerbong yang anjlok dari rel kereta api. Proses evakuasi sendiri dilakukan sejak Rabu malam (18/11/2020).

Agar proses evakuasi cepat, Daop 8 juga melibatkan mesin crane dengan bantun 60 personel. Demikian dikutip dari Proses evakuasi gerbong kereta anjlok di Malang.

"Dua dari empat gerbong yakni Gerbong kereta nomor K1 01706 berhasil dievakuasi pada Rabu malam kemarin sekitar pukul 18:15 WIB. Gerbong kereta nomor K1 01701 berhasil dievakuasi pada pagi ini sekitar pukul 05.30 WIB," ucap Manager Humas PT KAI DAOP 8 Surabaya Suprapto, pada Kamis pagi (19/11/2020).

AYO BACA : Pasutri Jadi Korban Penjambretan Komplotan Bandit di Margomulyo Surabaya

Meski demikian, saat ini masih ada dua gerbong lagi lanjutnya, yang masih proses evakuasi dari jalur dua rel kereta di Stasiun Malang Kota Lama.

"Saat ini seluruh tim evakuasi sedang fokus melakukan pengangkatan pada gerbong kereta ke-3 sampai dengan 4," katanya.

Guna mempercepat proses evakuasi gerbong, PT KAI DAOP 8 Surabaya, mendatang mesin crane dan mengerahkan puluhan pekerja teknisi rel kereta api.

"Dalam proses evakuasi ini, PT KAI Daop 8 Surabaya telah mendatangkan alat mesin Crane dari Solo, dengan melibatkan 60 personil tenaga teknisi evakuasi sarana dan 20 personil tenaga tekhnisi jalan rel," paparnya.

AYO BACA : Tergeletak di Jalanan, Warga Karangsuko Malang Tewas Bersimbah Darah Akibat Dibacok

Terkait posisi gerbong sesaat sebelum langsir dan meluncur tanpa kendali, Suprapto mengaku pihaknya melakukan penyelidikan internal. Dari mana asal muasal rangkaian gerbong cadangan dimana salah satunya merupakan bagian gerbong cadangan dari KA Gajayana.

"Untuk yang itu (asal mula gerbong meluncur) mohon tunggu penyelidikan lebih lanjut. Kami masih menyelidiki penyebabnya," tukasnya.

Sebelumnya diberitakan tujuh gerbong KA meluncur tanpa kendali dan nyaris menghantam kerumunan pekerja perbaikan bantalan rel kereta di Stasiun Malang Kota Lama.

Dari pengakuan saksi mata warga sekitar rangkaian gerbong kereta api tersebut meluncur dari utara stasiun pada Rabu sore sekitar pukul 14.50 WIB. Rangkaian gerbong kereta kemudian masuk di jalur dua yang tengah dilakukan pengerjaan perbaikan bantalan, rel kereta api.

Laju gerbong kereta baru berhenti setelah keluar bantalan rel yang dilepas lantaran tengah, diperbaiki. Beruntung tidak ada korban jiwa maupun luka - luka pada kejadian ini.

AYO BACA : Jember Digegerkan Penemuan Mayat Bayi Gosong Bekas Dibakar

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar