7 Manfaat Ajaib Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan

  Jumat, 20 November 2020   Adi Ginanjar Maulana
Ilustrasi bawang putih

AYOSURABAYA.COM--Bawang dikenal sebagai bahan olahan untuk bumbu masakan. selain itu bawang juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan.

Dilansir dari healthline dan NDTV Food, ini beberapa manfaat bawang putih yang bisa anda coba di antaranya flu dan penyakit kulit.

1. Mengobati flu

Suplemen bawang putih dikenal dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Studi kasus menemukan, bahwa selama 12 minggu  suplemen bawang putih setiap hari mengurangi jumlah pilek hingga 63%. Durasi rata-rata gejala flu juga berkurang hingga 70%. Hal ini tentunya terbukti bahwa bawang putih efektif meredakan flu.

2. Menurunkan tekanan darah

Penyakit serangan jantung dan stroke adalah ancaman terbesar di dunia. Tekanan darah tinggi, atau hipertensi, adalah salah satu pemicu terjadinya penyakit ini.

Peneliti menemukan, suplemen bawang putih memiliki dampak yang signifikan dalam mengurangi tekanan darah pada orang dengan tekanan darah tinggi.

Dalam sebuah penelitian, 600-1.500 mg ekstrak bawang putih yang sudah tua sama efektifnya dengan obat Atenolol dalam menurunkan tekanan darah selama periode 24 minggu.

3. Pencegah penyakit Jantung

Mengkonsumsi bawang putih setiap hari, membantu menurunkan kadar kolesterol karena sifat antioksidan dari Allicin. Ini juga sangat bermanfaat untuk mengatur tekanan darah dan kadar gula darah.

Senyawa yang mengandung sulfur Allicin cenderung kehilangan khasiat obatnya saat bawang putih dimasak utuh. Sangat penting untuk mengkonsumsi bawang putih mentah atau setengah matang untuk mendapatkan manfaatnya.

4. Meningkatkan kesehatan tulang

Satu studi pada wanita menopause, menemukan bahwa dosis harian ekstrak bawang putih kering sama dengan 2 gram bawang putih mentah. sehingga secara signifikan menurunkan penanda defisiensi estrogen.

Ini menunjukkan bahwa bawang putih memiliki efek menguntungkan pada kesehatan tulang  wanita. Makanan seperti bawang putih dan bawang merah mungkin juga memiliki efek menguntungkan pada pengidap osteoarthritis.

5. Pencegah penyakit kanker

Beberapa penelitian menunjukkan hubungan antara konsumsi bawang putih setiap hari dengan pencegahan kanker perut dan kolorektal. Dikatakan dapat memperkuat kekebalan tubuh terhadap kanker.

6. Penyakit kulit

Khasiat bawang putih yang menyegarkan melindungi kulit dari efek radikal bebas dan memperlambat penipisan kolagen yang menyebabkan hilangnya elastisitas pada kulit yang menua. Dioleskan secara topikal, bawang putih melakukan keajaiban pada kulit yang terinfeksi infeksi jamur dan memberikan bantuan dari penyakit kulit seperti eksim. Ini juga merupakan obat yang efektif untuk infeksi jamur seperti kutu air dan kurap.

7. Rambut rontok

Mengoleskan ekstrak bawang putih yang dihancurkan pada kulit kepala Anda, atau memijat dengan minyak infus bawang putih diketahui dapat mencegah dan bahkan mengembalikan rambut rontok.  (Deni Suhendar)

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar