Ini Perbedaan Maag dan Asam Lambung

  Senin, 23 November 2020   Adi Ginanjar Maulana
Ilustrasi lambung
AYOSURABAYA.COM--Maag dan asam lambung adalah dua penyakit yang berbeda tetapi sama-sama membuat rasa ketidaknyamanan di perut. Baik maag maupun asam lambung keduanya membuat Anda menderita.

Anda harus menjadwalkan kunjungan dokter untuk mengetahui apakah Anda menderita penyakit maag atau asam lambung. Maag dan asam lambung dapat diobati dengan bantuan ahli gastroenterologi.

Menurut beberapa perkiraan, satu dari lima orang mengalami mulas setidaknya setiap minggu. Ketidaknyamanan perut dapat dengan mudah berdampak negatif pada hidup Anda, yang mengarah pada kehilangan waktu tidur, kesulitan menikmati kegiatan sosial, dan masalah makan dan minum

Melansir dari Everyday Health, mengenai perbedaan maag dan asam lambung adalah sebagai berikut.

Maag atau Asam Lambung: Memahami Perbedaan

Maag terjadi ketika terdapat luka kecil atau lesi di lapisan perut atau duodenum, bagian pertama usus. Sakit ini sering kali diperburuk oleh asam lambung Anda, tetapi tidak disebabkan oleh asam lambung itu sendiri. Kemungkinan besar disebabkan oleh bakteri yang dikenal sebagai Helicobacter pylori (H. pylori) atau mengonsumsi obat antiinflamasi non steroid (NSAID).

Asam lambung, di sisi lain, berarti bahwa cairan asam pada lambung Anda keluar dari perut dan naik ke kerongkongan, menyebabkan sensasi terbakar (kadang-kadang disebut sebagai gangguan pencernaan asam atau mulas) dan rasa tidak enak di bagian belakang mulut Anda. Ini terjadi setidaknya seminggu dua kali untuk dianggap asam lambung.

“Sebagian besar pasien asam lambung mengalami mulas atau regurgitasi, perasaan ada sesuatu akan kembali ke tenggorokan Anda,” jelas James McGuigan, MD, profesor kedokteran di divisi gastroenterologi, hepatologi, dan nutrisi di Fakultas Kedokteran Universitas Florida, di Gainesville.

Maag atau Asam Lambung: Kenali Gejalanya

Meskipun Anda mungkin tidak menyadarinya, deskripsi gejala Anda akan membantu dokter membedakan antara maag dan asam lambung.

Maag sering kali disertai dengan gejala-gejala berikut:

·         Rasa terbakar di usus Anda, sekitar pertengahan antara pusar dan tulang dada

·         Nyeri atau ketidaknyamanan di perut, dua hingga tiga jam setelah makan

·         Rasa sakit yang membangunkan Anda di malam hari

·         Paling parah adalah muntah darah atau keluar darah saat buang air besar.

Beberapa gejala asam lambung yang tidak terjadi dengan maag adalah:

·         Mencicipi asam atau makanan di bagian belakang mulut Anda

·         Sakit tenggorokan

·         Kesulitan menelan

·         Gejala seperti asma

·        Mulas meningkat sebagai respons terhadap beberapa makanan "pemicu"

·         Memburuknya gejala saat Anda berbaring atau membungkuk

 

Maag atau Asam Lambung: Membuat Diagnosis

Dokter Anda akan berbicara dengan Anda tentang rasa sakit yang Anda alami.

“Umumnya bila ada kecurigaan maag, sebaiknya endoskopi. Jika kecurigaannya untuk asam lambung, lakukan uji coba terapeutik, ”kata McGuigan. Percobaan terapeutik melibatkan penggunaan obat pengurang asam yang diresepkan untuk sementara waktu untuk melihat apakah itu mengontrol gejala Anda.

Bergantung pada gejala Anda, dokter mungkin akan menyuruh:

·         Tes darah, ini dilakukan untuk menunjukkan apakah Anda telah terpapar H. pylori.

·         Studi barium. Dengan tes ini, juga disebut seri gastrointestinal atas atau GI, Anda akan disuruh meminum cairan dan kemudian ahli radiologi megecek kerongkongan, perut, dan usus Anda dengan sinar-X. Ini ditujukan apakah Anda menderita bisul atau masalah struktural apa pun seperti penghalang sehingga dapat memicu gejala yang ada.

·         Endoskopi. Untuk tes ini, dilakukan pada kondisi Anda dibius, dokter menggunakan tabung tipis dan fleksibel dengan kamera yang dimasukkan ke tenggorokan Anda untuk melihat bagian dalam kerongkongan dan perut Anda. Kamera memungkinkan dokter untuk melihat bisul atau masalah lain, seperti jaringan parut pada kerongkongan yang disebabkan oleh asam lambung.

Diagnosis yang akurat akan membuat Anda selangkah lebih tenang. (Ariel Teguh Nurahman)

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar