7 Pengobatan Asam Lambung yang Bisa Dicoba di Rumah

  Senin, 23 November 2020   Adi Ginanjar Maulana
Ilustrasi asam lambung.(Shutterstock)
AYOSURABAYA.COM--Asam lambung adalah cairan asam panas yang ada dalam tubuh membakar merambat ke tenggorokan Anda, memberi tekanan pada dada. Bagi mereka yang menderita penyakit asam lambung, itu menjadi sangat mengganggu dan memengaruhi gaya hidup Anda.

Tetapi sebelum Anda bergegas ke apotek atau dokter setempat, ada solusi pengobatan alami yang dapat Anda coba di rumah untuk mengurangi efek samping yang tidak diinginkan dari masalah asam lambung ini.

Melansir dari Fisher-Titus, berikut adalah tujuh solusi pengobatan rumah alami untuk membantu mengurangi frekuensi gejala asam lambung.

1. Soda Kue

Satu sendok teh soda kue (bahan basa) menetralkan asam lambung. Walaupun muncul, Anda tidak akan merasakan sensasi terbakar dari asam lambung. Campurkan 1 sendok teh soda kue dengan 250 ml air dan minum. Ulangi sesuai kebutuhan, tetapi jangan melebihi tujuh dosis dalam satu hari. Campuran obat ini hanya dipakai sesekali, jangan menggunakan selama lebih dari seminggu, karena kandungan garamnya yang tinggi dan efek samping lain seperti bengkak atau mual.

2. Mengunyah Permen

Orang yang mengalami asam lambung bisa mendapatkan bantuan dengan mengunyah permen karet bebas gula selama 30 menit setelah mereka makan. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Journal of Dental Research, mengunyah permen karet merangsang kelenjar ludah yang meningkatkan air liur. Air liur membantu menghilangkan asam. Kunyah satu potong setelah Anda makan dan rasakan perbedaannya.

3. Jangan Berbaring Setelah Makan

Saat Anda selesai makan kemudian berbaring, isi perut yang sudah Anda makan dapat keluar kembali, karena memberi tekanan pada sfingter esofagus Anda. Namun, jika Anda tegak, itu mampu membantu menahan makanan. Yang terbaik adalah makan tiga hingga empat jam sebelum Anda akan berbaring untuk memberikan waktu agar makanan dapat dicerna sepenuhnya.

4. Makan Beberapa Buah Ini

Pisang memiliki sifat antasid alami yang melawan refluks asam. Makanlah pisang yang matang setiap hari untuk mengurangi ketidaknyamanan perut akibat asam yang muncul. Buah lain yang bagus untuk dicoba adalah apel. Untuk mencegah ketidaknyamanan di malam hari, iris apel dan nikmati beberapa jam sebelum waktu tidur. Buah lain yang dapat mengurangi efek asam lambung adalah melon dan semangka. Pastikan untuk menghindari buah dengan kandungan asam tinggi seperti jeruk, grapefruit dan nanas.

5. Teh Jahe

Teh jahe sangat bagus untuk penyakit perut, mulai dari sakit perut biasa, mual hingga refluks asam kronis. Rebus irisan jahe dalam air selama 30 menit. Untuk manfaat maksimal, minumlah teh sebelum makan untuk memaksimalkan efek pengobatan asam lambung ini.

6. Mustard

Mustard penuh dengan mineral dan mengandung cuka dengan asam yang lemah. Selain itu mustard mengandung basa yang mampu menetralkan asam yang muncul karena asam lambung. Cobalah minum 1 sendok teh mustard langsung saat Anda merasa mulas akan datang, atau bahkan saat mengalami gejala.

7. Teh Chamomile

Untuk menyeimbangkan tingkat keasaman di perut Anda, minumlah secangkir teh chamomile, 30 menit hingga satu jam sebelum tidur. Chamomile juga dapat mengurangi tingkat stres, yang dapat menyebabkan mulas. Teh chamomile instan sudah ada di pasaran, atau Anda bisa membuatnya sendiri. Rebus air, aduk kelopak chamomile dan biarkan mendidih selama sekitar 45 detik. Saring dan tuangkan teh ke dalam cangkir, tambahkan madu atau lemon sesuai keinginan. (Ariel Teguh Nurahman)

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar