BLT Guru Honorer Kemenag Cair Akhir November, Segera Lakukan 3 Hal Ini!

  Selasa, 24 November 2020   Aini Tartinia
Ilustrasi--Uang (Pixabay)

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM -- Bantuan bagi guru honorer di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), guru dan tenaga kependidikan (GTK) non-PNS pada Raudhatul Athfal (RA)/Madrasah ditargetkan cair akhir bulan ini atau awal Desember 2020.

Dilansir dari Ayojakarta.com, direktur GTK Madrasah M Zain mengatakan, BLT atau BSU guru honorer di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag) merupakan wujud kehadiran negara untuk membantu para guru, khususnya tenaga honorer, di tengah pandemi Covid-19.

“Tidak ada potongan apa pun. BSG ini langsung ditransfer ke rekening penerima,” tegas Zain dalam keterangan tertulisnya, Senin (23/11/2020) kemarin.

AYO BACA : Surya Paloh Dirawat Karena Covid-19, Begini Kondisinya

Lanjut zain, setelah mendapat persetujuan dari Dirjen Anggaran Kemenkeu, saat ini tengah disiapkan Surat Keputusan terkait penetapan calon penerima bantuan. Tahapan selanjutnya adalah proses pencairan ke rekening masing-masing penerima sebesar Rp600 ribu per bulan.

“Terkait proses pencairan, kami masih menunggu proses revisi DIPA Ditjen Pendis. Semoga waktunya tidak lama lagi,” ujar Zain.

Sebelumnya, Zain mengungkapkan, pencairan selama tiga bulan tersebut akan diberikan kepada 543 ribu guru RA/madrasah non-PNS dengan anggaran Rp979 miliar dan 93 ribu guru pendidikan agama Islam (PAI) non-PNS di sekolah umum dengan anggaran Rp168 miliar.

AYO BACA : Gubernur Jatim Ingatkan Masyarakat Waspada pada 3 Bencana Ini

“Jadi, total ada 637 ribu GTK non-PNS, baik di madrasah maupun PAI pada sekolah umum, yang menerima BSU dengan total anggaran Rp1,14 triliun,” katanya beberapa waktu lalu.

Ada beberapa ketentuan yang harus diperhatikan bagi para guru madrasah dan tenaga pendidik non-PNS di lingkungan Kemenag, berikut ini syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi kriteria penerima BLT atau BSU Rp600 ribu guru honorer:

1. Guru madrasah calon penerima program BLT atau BSU ini
merupakan guru madrasah non-PNS;

2. Guru madrasah tercatat aktif mengajar di SIMPATIKA pada Semester I Tahun Pelajaran 2020-2021;

3. Sudah menginput nomor rekening dalam layanan SIMPATIKA Kemenag dan masih aktif;

4. Perhatikan, jika sampai hari ini nomor rekening kalian belum juga tercatat di layanan SIMPATIKA Kemenag, kalian segera berkoordinasi dengan satuan kerja terkait untuk memastikan bahwa nomor rekening milik kalian masih aktif.

AYO BACA : Gara-gara Asmara, Budi Nekat Bunuh Istri Tetangga Pakai Bor Listrik

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar