Memahami Sistem Koloid dengan Ular Tangga

  Kamis, 26 November 2020   Adi Ginanjar Maulana
Keseruan saat peserta didik bermain ular tangga sambil belajar kimia. (foto : Herlina)

AYOSURABAYA.COM--Kegiatan belajar mengajar di kelas membutuhkan kreatifitas dari guru untuk menyajikan materi agar menarik dan mudah dipahami oleh siswa dan Kompetensi Dasar/KD yang diharapkan dapat tercapai. Beberapa materi membutuhkan media pembelajaran yang inovatif dan kreatif agar peserta didik tidak bosan dan tertarik untuk mengikutinya. Materi tersebut di antaranya adalah Minyak Bumi  dan  System Koloid  di kelas XI, sedangkan di kelas XII materi Kimia Unsur dan Makromolekul.

Materi Sistem Koloid dengan KD 3.15 Menganalisis peran koloid dalam kehidupan berdasarkan sifat-sifatnya,  dapat menggunakan media Ular Tangga untuk dapat mencapai KD tersebut. “Hal ini disebabkan jika dilakukan dengan metode ceramah peserta didik akan merasa bosan dan tidak tertarik untuk mempelajarinya. Dengan menggunakan media Ular Tangga peserta didik akan antusias karena proses pembelajarannya dalam bentuk permainan,” ujar Herlina Dewi, S.Pd., guru kimia di SMAN 1 Taman Sidoarjo.

Permainan Ular Tangga sudah dikenal anak-anak sejak dahulu , ular tangga merupakan permainan yang tujuannnya berlomba untuk mencapai finish. Untuk bisa mencapai finish peserta harus berjuang dalam hal ini menjawab pertanyaan meskipun harus terhambat oleh ular, tetapi jika bertemu dengan tangga maka bisa naik melewati beberapa kotak. Sehingga memungkinkan untuk bisa lebih cepat mencapai garis finish yang diharapkan. Herlina menerapkan media ini agar peserta didik menjadi kreatif dan inovatif dapat mengutarakan pendapatnya selama proses permainan berlangsung. Pelaksanaan permainan Ular  Tangga ini  dengan berkelompok dengan anggota maksimal 6 siswa tiap kelompoknya. Diharapkan dengan berkelompok peserta didik dapat bekerja sama, menghargai pendapat orang lain, dan menaati aturan permainan dalam Ular Tangga tersebut.

Satu set permainan Ular Tangga terdapat 25 pertanyaan yang berkaitan dengan materi Sistem Koloid, masing-masing kelompok menyiapkan pertanyaan sekaligus jawaban yang benar. Alat yang harus dipersiapkan antara lain : kertas karton, kertas HVS warna, spidol warna, dadu, penggaris, bolpoint. Pada pelaksanaan Ular Tangga harus ditetapkan beberapa aturan yang harus ditaati, misal waktu atau durasi tiap kelompok yang tampil maksimal 30 menit, peserta didik yang dapat menjawab pertanyaan diberi hadiah atau reward (permen, alat tulis, dll), Teknik pembuatan ular tangga adalah sebagai berikut :

 1. Menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan  2. Membagi satu lembar kertas katon menjadi 36 kotak sesuai ukuran kertas karton 3. Menyiapkan 25 pertanyaan beserta kunci jawaban yang benar 4. Menyiapkan 11 kotak lainnya dengan isi berupa hiburan atau hal lain yang menarik  5. Pertanyaan bisa langsung ditulis di kotak atau ditulis dikertas lain yang diselipkan ke dalam kotak agar tidak terlihat. Aturan permainan bisa dibuat antara lain peserta didik yang salah menjawab soal diberi hukuman (menyanyi, membaca puisi, menghafal surat pendek atau asmaul khusnah  untuk yang muslim) dengan catatan hukuman bukan berupa hukuman fisik. Peserta yang dapat mencapai finish terlebih dahulu dan menjawab pertanyaan paling banyak dengan benar diberi penghargaan oleh guru berupa nilai yang baik.

Dengan bermain Ular Tangga diharapkan peserta didik dapat melaksanakan proses pembelajaran dengan senang dan nilai-nilai karakter juga dapat diperoleh sekaligus, missal : bekerja sama, gotong royong, mengutarakan pendapat, menghargai pendapat orang lain, kreatif, jujur, mentaati aturan, dll. Pada pembelajaran yang sudah Herlina terapkan anak-anak menjadi lebih senang, enjoy, dapat memahami KD yang diharapkan.  Herlina berharap agar pengalamannya ini bermanfaat dan dapat diterapkan oleh guru kimia lainnya dengan materi yang lain agar proses pembelajaran menjadi menarik. Berani mencoba?

Yupiter Sulifan, Guru BK SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo dan penulis buku Guru BK itu Asyik.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar