Diego Maradona Ternyata Pernah Cetak Gol ke Gawang Timnas Indonesia

  Kamis, 26 November 2020   Rizma Riyandi
(FILES) Dalam foto file ini diambil pada tanggal 22 Juni 1986 Penyerang Argentina Diego Armando Maradona (ke-3 dari kiri) berlari melewati bek Inggris Terry Butcher (kiri) dalam perjalanannya untuk menggiring kiper Peter Shilton (kanan) dan mencetak gol keduanya, atau golnya. abad ini, selama pertandingan sepak bola perempat final Piala Dunia antara Argentina dan Inggris pada tahun 1986 di Mexico City. Legenda sepak bola Argentina Diego Maradona meninggal pada 25 November 2020. [AFP]

GENTENG, AYOSURABAYA.COM -- Diego Maradona telah pergi untuk selama-lamanya. Legenda sepakbola dunia ini meninggal dunia di usia 60 tahun akibat serangan jantung, Rabu (25/11/2020).

Dilansir dari Suara.com, sosok Maradona tentu sangat dikenal di dunia sepakbola, tak terkecuali Indonesia. Apalagi, Timnas Indonesia punya kenangan tersendiri dengan mantan pemain Napoli tersebut.

Itu terjadi ketika Piala Dunia Remaja 1979 di Jepang. Argentina yang diperkuat Maradona muda harus melawan Timnas Indonesia yang tergabung di Grup B bersama Polandia dan Yugoslavia.

AYO BACA : Berkunjung ke DPRD, Guru Tidak Tetap di Jember Tagih Janji Honor Rp 1,4 Juta

Pertandingan antara Argentina vs Indonesia di Piala Dunia yang dianggap masuk kategori U-20 itu terjadi pada 26 Agustus silam. Kala itu, Indonesia yang dilatih oleh Soetjipto Soentoro kalah dengan skor sangat telak 0-5.

Maradona memborong dua gol, sedangkan tiga gol Argentina lainnya diciptakan Ramon Diaz. Kekalahan dari Argentina di partai pertama Grup B itu merupakan awal bagi Indonesia yang menjadi bulan-bulanan di Piala Dunia 1979.

Setelah itu, Indonesia terus menelan kekalahan dari lawan-lawannya di grup B. Ironisnya skuat Garuda Mudah selalu kalah dengan skor telak seperti 0-6 melawan Polandia dan 0-5 dari Yugoslavia.

AYO BACA : Maradona Wafat, Sang Legenda Ternyata Pernah Ingin Jadi Pelatih Timnas Indonesia

Hasilnya, Indonesia berada di dasar klasemen Grup B dengan perolehan 0 poin dari tiga pertandingan. Adapun Argentina yang diperkuat Maradona berhasil menjadi kampiun Piala Dunia U-20 1979.

Maradona total memborong enam gol di ajang tersebut. Kalah dua gol dari rekan satu negaranya Ramon Diaz yang merupakan pencetak gol terbanyak di Piala Dunia U-20 1979.

Meski kalah telak dari Argentina, Timnas Indonesia U-20 kala itu beruntung bisa berhadapan langsung dengan sang legenda.

Bagi Mundari Karya, Subangkit, dan Bambang Nurdiansyah yang kala itu memperkuat Indonesia tentunya momentum tersebut tak akan pernah dilupakannya.

AYO BACA : Bayi Baru Lahir Dibuang di Kebun, Awalnya Dikira Suara Kucing

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar