Waspada! BMKG Ramalkan Hujan Lebat Guyur Wilayah Jawa Timur Hari Ini

  Kamis, 10 Desember 2020   Rizma Riyandi
Ilustrasi--Hujan (Ayobandung.com)

GENTENG, AYOSURABAYA.COM -- Hari ini, Kamis (10/12/2020), masyarakat harus siap-siap membawa payung saat keluar rumah. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan potensi hujan sedang hingga lebat di sebagian wilayah di Indonesia.

Dilansir dari Suara.com, dimulai dari Pulau Sumatera, Jawa, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Papua. Di sebagian besar daerah itu hari ini BMKG meramalkan bakal mengalami hujan lebat.

AYO BACA : Pandemi Disebut Jadi Faktor Kekalahan MAJU di Pilkada Surabaya

Hal ini berdasarkan data keluaran model numerik cuaca BMKG di Jakarta, hari ini. Hujan lebat diprediksi bakal terjadi di sebagian wilayah Aceh, Sumatera Utara (Sumut) bagian barat, Sumatera Barat (Sumbar) dan Lampung.

Meski demikian, sebagian besar cuaca di pulau-pulau tersebut diperkirakan cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan. Demikian dikutip dari Antara, Kamis (10/12/2020).

AYO BACA : Jokowi \'Letoi\' Tuntaskan Kasus HAM

Kemudian, sebagian wilayah Banten, Jawa Barat (Jabar), Jawa Tengah (Jateng), Yogyakarta dan Jawa Timur (Jatim) juga diperkirakan berpotensi hujan sedang hingga lebat. Namun secara umum cuaca di wilayah-wilayah tersebut diprediksi cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan.

Selanjutnya, BMKG juga memperkirakan potensi hujan sedang hingga lebat di sebagian Sulawesi Utara (Sulut), Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Sulawesi Barat (Sulbar), Sulawesi Tenggara (Sultra) bagian utara dan Sulawesi Selatan, dengan sebagian lainnya secara umum cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan.

Untuk cuaca di sebagian wilayah Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT), BMKG juga memprediksi potensi hujan sedang hingga lebat.

Namun demikian, secara umum cuaca di wilayah-wilayah itu diprediksi akan cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan. Selanjutnya, cuaca di Maluku dan Papua juga secara umum cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan. Namun, cuaca di sebagian wilayah Maluku, Papua dan Papua barat diprediksi berpotensi hujan sedang hingga lebat.

Sementara itu, potensi hujan sedang diperkirakan akan terjadi di sebagian wilayah Kalimantan Barat (Kalbar), Kalimantan Tengah (Kalteng) bagian utara, Kalimantan Timur (Kaltim) dan Kalimantan Utara (Kaltara). Sedangkan wilayah lainnya di pulau itu diprediksi cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan.

AYO BACA : PDIP Jatim Klaim Unggul di 11 Kabupaten/Kota

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar