PA 212 Bakal Gelar Demo Lusa, Geruduk Istana Tuntut Habib Rizieq Dibebaskan

  Rabu, 16 Desember 2020   Rizma Riyandi
Habib Rizieq Shihab (Suara.com)

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM -- Persaudaraan Alumni 212 atau PA 212 akan menggelar demo besar-besaran. Demo ini kabarnya dirancang untuk menggeruduk Istana Negara di Jakarta pada Jumat 18 Desember 2020.

Dilansir dari Suara.com, demo PA 212 ini menuntut pembebasan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab tanpa syarat. Kabar ini ditegaskan Ketua PA 212 Slamet Maarif.

Demo tersebut digelar dengan tajuk aksi 1812 Bersama Anak NKRI. Demo akan digelar di depan Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta.

"Iya benar," kata Ketua PA 212 Slamet Maarif, Rabu (16/12/2020).

Sebuah poster pengumuman Aksi 1812 itu tersebar. Dalam poster itu terdapat Habib Rizieq Shihab yang lagi acungkan jempol.

Masih di poster itu tertulis berbagai tuntutan demo Aksi 1812 itu.

AYO BACA : Zona Merah Makin Banyak, Pemda Diminta Serius Tangani Covid-19

Tuntutan aksi itu di antaranya:
1. Usut tuntas pembunuhan 6 syuhada
2. Bebaskan Habib Rizieq tanpa syarat
3. Stop kriminalisasi ulama
4. Stop diskriminasi hukum
5. Dalam poster itu pun tertulis pesan Habib Rizieq.

"Jika saya dipenjara atau dibunuh, lanjutkan perjuangan," begitu tulisan yang diklaim sebagai pesan Habib Rizieq.

Habib Rizieq Ditahan

Takbir dan isak tangis para pendukung terdengar saat Muhammad Rizieq Shihab atau Habib Rizieq diangkut ke dalam mobil tahanan oleh polisi pada Minggu dini hari (13/12/2020).

Baju oranye khas tahanan dikenakan di luar jubah putih yang biasa dipakai Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) itu. Kedua tangannya diborgol. Rizieq ditahan kepolisian Polda Metro Jaya di Jakarta setelah diperiksa sejak Sabtu pagi (12/12/2020). Ia diperiksa selama sekitar 13 jam.

"Allahu akbar... Allahu akbar... Allahu akbar," pekik beberapa orang yang diduga sebagai pendukung Rizieq saat Imam Besar FPI itu digiring masuk ke mobil tahanan di Gedung Direktorat Reskrimum Polda Metro Jaya.

AYO BACA : Diduga Mabuk, Artis Salshabilla Adriani Kabur Setelah Tabrak 2 Mobil Orang

Rizieq sempat mengangkat kedua tangannya yang diborgol sebelum masuk ke dalam mobil tahanan.

"Habib, habib," panggil orang lainnya sambil menangis saat mobil yang membahwa Rizieq melesat meninggalkan para wartawan yang meliput peristiwa tersebut dan para polisi yang berjaga.

Mendekam di Rutan Polda

Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, mengatakan bahwa Rizieq akan ditahan di Rutan Polda Metro Jaya selama 20 hari ke depan.

"Ditahan di Rutan Polda Metro Jaya di narkoba," kata Argo, "Kemudian MRS kami tahan oleh penyidik dimulai 12 Desember 2020 selama 20 hari ke depan."

Rizieq sebelumnya diperiksa selama sekitar 13 jam di Polda Metro dalam statusnya sebagai tersangka kasus kerumunan di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat pada 14 November lalu.

Habib Rizieq Shihab tiba di Mapolda Metro Jaya Sabtu pagi, sekitar pukul 10.30 WIB. Ia didampingi oleh tim kuasa hukumnya dan Sekretaris Umum FPI, Munarman.

Rizieq mengaku dirinya tidak menyiapkan persiapan khusus untuk menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya dengan statusnya yang kini tersangka.

"Persiapan apa, enggak ada yang perlu dipersiapkan, ditanya kita jawab, selesai kan," katanya.

AYO BACA : KPU Surabaya Gelar Rapat Pleno Rekapitulasi Suara, Suasana Tegang Hujan Interupsi

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar