Eri Cahyadi-Armuji Menangkan Pilkada Surabaya!

  Kamis, 17 Desember 2020   Rizma Riyandi
Eri Cahyadi dan Armuji (Suara.com)

GENTENG, AYOSURABAYA.COM -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya telah merampungkan rekapitulasi Pilkada Surabaya 2020. Hasilnya Pasangan Calon (Paslon), Eri Cahyadi-Armuji menang dari lawannya Machfud Arifin-Mujiaman.

Dilansir dari Beritajatim.com, kemenangan paslon nomor urut 1 ditetapkan dalam Keputusan KPU Surabaya Nomor 1419/PL.02.6-Kpt/3578/KPU-Kot/XII/2020.

Komisioner KPU Kota Surabaya Divisi Teknis Penyelenggaraan, Soeprayitno membacakan hasil rekapitulasi bahwa Eri-Armuji mengantongi 597.540 suara. Sedangkan paslon nomor urut 2, Machfud Arifin-Mujiaman Sukirno memperoleh 451.794 suara.

AYO BACA : Pengendara Motor Tewas Usai Terlindas Truk di Pantura Tuban

“Data pemilih dan penggunaan hak pilih, untuk perolehan suara Eri Cahyadi-Armuji 597.540, Machfud Arifin-Mujiaman Sukirno 451.794,” ujar Nano-sapaan Soeprayitno– saat di Hotel Singgasana, Surabaya, Kamis (17/12/2020).

Berdasarkan data yang direkap KPU, kata Nano, pada Pilkada Surabaya 2020 ada sebanyak 1.098.469 pemilih yang menggunakan hak pilihnya. Sejumlah 1.049.334 suara dinyatakan sah dan 49.135 suara dinilai tidak sah.

Ketua KPU Kota Surabaya, Nur Syamsi menyatakan rekapitulasi suara Pilkada Surabaya sudah sah setelah pembacaan hasil oleh Nano. Syamsi pun mengetok palunya sebagai penanda sah, diiringi gemuruh tepuk tangan dari petugas dan saksi.

AYO BACA : Waduh! Suara Tidak Sah Pilkada Trenggalek 13 Ribu

“Rekapitulasi penghitungan suara untuk pemilihan wali kota dan wakil wali kota Surabaya 2020, dinyatakan sah,” kata dia.

Meski telah disahkan, saksi Machfud-Mujiaman, Rusli Effendy sempat menyampaikan naskah keberatan. Pihaknya menyesalkan pada saat pleno KPU tingkat kota, tidak dilampirkan formulir C7 atau daftar hadir pemilih.

“Kita menyampaikan form model C daftar hadir, itu perlu untuk quality control dan validasi,” kata Rusli.

Kendati demikian, Rusli tetap mau menandatangani berita acara dan hasil rekapitulasi penghitungan Pilkada Surabaya. Begitu pula saksi dari Eri-Armuji yang langsung menandatangani berita acara.

AYO BACA : Baku Tembak dengan Polisi di Kebonsari Surabaya, Kurir Narkoba Akhirnya Tewas

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar