Khofifah Yakin Jatim Bisa Jadi Eksportir Makanan Halal

  Sabtu, 19 Desember 2020   Rizma Riyandi
Khofifah Indarparawansa. (Republika.co.id)

AYO BACA : Eri Cahyadi-Armuji Menangkan Pilkada Surabaya!

AYO BACA : Update Kasus Covid-19 di Indonesia Kamis 17 Desember 2020

GENTENG, AYOSURABAYA.COM -- Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa optimistis Indonesia, khususnya Jawa Timur, bisa menjadi eksportir makanan halal terbesar di dunia. 

Dilansir dari Republika.co.id, menurutnya, pesantren beserta para alumninya bisa mengambil peran besar lewat program One Pesantren One Product (OPOP) yang digagas pemprov. Khofifah mengatakan, Indonesia merupakan negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia.
\n 
\n\"Akan tetapi, untuk halal food ternyata kita saat ini merupakan  importir halal food terbesar di dunia. Maka, lewat peran OPOP ini, mari Bismillah kerja keras dan profesional merubah dari importir menjadi eksportir halal food lewat potensi Ponpes dan para alumninya serta jejaring semua aspek strategis,\" kata Khofifah di Surabaya, Jumat (18/12).

Khofifah menyebut, ekpor makanan halal bisa diwujudkan melalui sinergi bersama antara pesantren,  pemerintah, sekror swasta, serta  lembaga strategis seperti Bank Indonesia (BI) dan  Otoritas Jasa Keuangan (OJK). \"Saya rasa kita memiliki energi dan potensi  untuk itu. Oleh karenanya , sinergitas dengan Ponpes menjadi salah satu kekuatan yang perlu mendapatkan pendampingan berkelanjutan,\" ujarnya. 
\n 
\nMenurutnya, terdapat sebuah potensi besar yang dimiliki pesantren, termasuk ekosistemnya. Pesantren memiliki santri beserta alumninya yang tersebar di seluruh Indonesia. Kemudian, memiliki jejaring yang diharapkan menjadi potensi besar di negara yang umat Islam-nya terbesar di dunia ini. 
\n 
\nKhofifah menyebut, untuk memperoleh hasil yang optimal, Ponpes perlu pendampingan, terutama pada aspek pengelolaan keuangan  dan jejaring pasar seperti dari OJK dan BI. Tak hanya itu, jika membutuhkan akses permodalan terdapat Himpunan Bank Nagara (Himbara) yang di dalamnya terdapat Bank Mandiri, BNI, BRI, sampai Bank Jatim. 
\n 
\n\"Kami ingin semua berseiring seperti tag line OPOP;  Pesantren Berdaya,  Masyarakat Sejahtera,\" ujarnya.

AYO BACA : Ini Tampilan Yamaha NMAX 160

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar