5 Makanan Nusantara yang Cocok Dihidangkan Saat Natal

  Kamis, 24 Desember 2020   Rizma Riyandi
Ilustrasi Hidangan khas daerah Indonesia yang biasa disajikan saat perayaan Natal bersama keluarga. (Shutterstock)

GENTENG, AYOSURABAYA.COM -- Perayaan Natal menjadi satu hal yang paling dinanti di penghujung tahun. Tentu saja, hidangan yang disajikan saat Natal menjadi hal yang penting.

DIlansir dari Suara.com, setiap daerah biasanya memiliki hidangan khas yang disajikan saat hari Natal. Berikut ini adalah beberapa hidangan khas daerah di seluruh Indonesia yang biasa disajikan saat perayaan Natal bersama keluarga!

1. Ayam rica-rica (Manado)

AYO BACA : Ini Dia Ponsel Antibakteri Pertama di Dunia

Ayam rica-rica menjadi hidangan Natal khas Manado, Sulawesi Utara. Ayam pedas dengan cabai ini biasanya disajikan pada perayaan Natal. Kata rica sendiri berarti pedas. Makanan yang cukup populer ini sangat tepat untuk disantap bersama keluarga saat perayaan Natal. Biasanya ayam rica-rica disajikan dengan nasi.

2. Ikan kuah kuning (Ambon)

Pada perayaan Natal, ikan kuah kuning merupakan menu yang sering dihidangkan. Ikan dengan kuah berwarna kuning ini menjadi salah satu makanan populer di Ambon. Bumbu rempah-rempah yang tajam pada makanan ini memberikan rasa yang nikmat.

AYO BACA : Desainer Face Shield Love Milik Titi DJ yang Dipakai saat Jadi Juri Indonesian Idol

3. Kue lampet (Tapanuli)

Kue berbentuk limas ini menjadi salah satu hidangan yang sering ada pada perayaan Natal di Tapanuli, Sumatra Utara. Kue ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan kelapa parut dan gula merah. Biasanya kue ini dibungkus dengan daun pisang.

4. Babi guling (Bali)

Di Pulau Dewata ini, perayaan Natal seperti sekarang dapat dirayakan dengan hidangan istimewa yaitu Babi Guling. Makanan biasanya berupa babi yang diisi dengan berbagai jenis sayuran di dalamnya. Cara memasaknya cukup unik yaitu dipanggang dan diputar-putar hingga semua bagian matang.

5. Ayam budu-budu (Makasar)

Ketika berbicara mengenai ayam, biasanya di luar negeri menggunakan kalkun. Namun, Indonesia memiliki makanan khas sendiri, yaitu ayam budu-budu khas Makasar, Sulawesi Selatan. Bumbu ayam ini terdiri dari air jeruk nipis, air asam Jawa, jahe, dan daun bawang. Biasanya pada perayaan Natal, menu ini disajikan untuk disantap bersama keluarga.

AYO BACA : Cegah Covid-19 dengan Konsumsi Kunyit! Perhatikan Khasiat dan Cara Mengolahnya

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar