Honda Bakal Kembangkan Teknologi F1 pada Motor, Ini Ulasannya

  Kamis, 24 Desember 2020   Adi Ginanjar Maulana
Honda Pre-Ignition Chamber. (visordown.com)

AYOSURABAYA.COM--Honda siap mengembangkan teknologi F1 pada produksi yang bernama pre-chamber ignition system bisa diterapkan pada motor secara massal.

Teknologi ini sebetulnya cukup lumrah ditemukan pada mobil balap sekelas Formula 1, akan tetapi merupakan hal baru di dunia roda dua.

Dilansir dari Visordown, Kamis (24/12/2020), cara kerja dari sistem baru ini adalah dengan menggunakan ruang kecil yang memungkinkan busi menyalakan campuran udara/bahan bakar, sebelum hasil pembakaran inimelebar ke ruang bakar utama.

Atau, secara simpel, bensin disulut di ruang terpisah dari ruang pembakaran utama, lalu udara yang mengembang tersebut menggerakkan piston, lalu terjadilah siklus mesin.

Hal ini memungkinkan udara dan bensin tercampur lebih sempurna, sehingga penggunaan bahan bakar akan lebih efisien, serta emisinya lebih ramah lingkungan.

Teknologi yang diajukan Honda dalam paten tersebut berbeda dari yang ditemukan di mobil F1. Paten Honda ini  menggunakan dua buah injektor, satu digunakan untuk mengalirkan bahan bakar ke ruang bakar, sedangkan yang kedua digunakan untuk menyalurkan bahan bakar ke ruang awal saja.

Dalam teknologi ini, tidak ada bahan bakar tambahan yang ditambahkan ke ruang bakar utama. Ketika busi dalam sistem pasif menyala, nyala api benar-benar menutupi ruang bakar dan membuat siklus pembakaran menjadi sangat cepat.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar