Berikut 5 Tanda Anda Terkena Diabetes

  Senin, 28 Desember 2020   Adi Ginanjar Maulana
Ilustrasi: Berikut 5 Tanda Anda Terkena Diabetes.(Pixabay)

AYOSURABAYA.COM--Berikut 5 tanda gejala Anda mengalami diabetes dan harus segera melakukan pola hidup sehat.

Berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sekitar 422 juta orang di seluruh dunia menderita diabetes dan 1,6 juta kematian secara langsung dikaitkan dengan diabetes setiap tahun. Kabar baiknya, pola makan dan gaya hidup yang sehat bisa membantu mengelola kondisi ini secara efektif.

Dalam hal ini, diagnosis dini bisa membantu mengambil langkah yang diperlukan untuk mengatur kadar gula darah. Ada beberapa tanda diabetes yang juga bisa diamati lewat kulit Anda. Melansir dari NDTV, berikut 5 tanda diabetes dari kulit, antara lain:

1. Kulit Kering dan Gatal

Sirkulasi darah yang buruk akibat diabetes bisa menyebabkan kulit kering. Kalau Anda terlalu sering mengalami kulit kering, bicarakan dengan dokter Anda. Kulit kering terkait diabetes tidak dapat sembuh hanya dengan pelembap.

2. Bulu

Diabetes bisa menyebabkan bulu di tangan, kaki, dan bagian tubuh lainnya. Ini bisa berukuran agak besar atau berbentuk sekelompok bulu.

Kondisi ini muncul saat kadar gula darah dibiarkan tidak terkontrol dalam waktu lama.

3. Bercak Coklat di Kulit

Bercak coklat pada kulit dapat disebabkan oleh diabetes. Kondisi ini umum terjadi pada penderita diabetes. Dalam hal ini, kulit menjadi gelap, tebal dan terasa seperti beludru.

4. Sering Mengalami Infeksi

Seseorang dengan diabetes cenderung sering mengalami infeksi kulit. Infeksi kulit dan jamur cukup umum terjadi pada penderita diabetes. Hal ini karena kadar gula darah yang tak terkontrol dapat memicu infeksi.

5. Penyembuhan Luka Lambat

Orang dengan diabetes mungkin mengalami penyembuhan luka yang lambat dan kadang bisa menyebabkan infeksi. Menurut penelitian, gula darah yang tak terkontrol memicu sirkulasi darah yang buruk ke seluruh tubuh sehingga menyebabkan penyembuhan luka yang lambat. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar