SMKN 12 Surabaya Akan Gandeng Pemilik Sanggar hingga Seniman untuk Belajar Tatap Muka

  Jumat, 01 Januari 2021   Praditya Fauzi Rahman
Ilustrasi belajar.(ayobandung.com)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM- "Sekolah bisa memberi tugas yang sesuai kompetensinya, karena situasi yang tidak normal ini. Untuk bentuknya nanti akan diserahkan ke sekolah masing-masing," kata

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jatim wilayah Surabaya-Sidoarjo Lutfi Isa Anshori perihal Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada Januari 2021 di Jawa Timur, Jumat (1/1/2021).

Lutfi menuturkan, PTM di Jatim masih menunggu petunjuk teknis dan kebijakan pemerintah. Menurutnya, kegiatan PTM juga akan disesuaikan dengan program keahlian.

"Dulu, ada istilah project work. Mungkin bisa menggandeng UMKM," bebernya.
Ia menegaskan, pemberlakuan PTM juga diperuntukan bagi siswa/ siswi SMK yang tengah menjalankan Praktik Kerja Lapangan (PKL). Sebab, Kemendikbud 'kadung' mengusulkan project work untuk menggantikan PKL bilamana masih ada peningkatan kasus Covid-19.

Lutfi menyampaikan, program project work dan PKL tak jauh berbeda. Hanya saja, kata Lutfi, kompetensi dan keahlian dalam praktek kerja lapangan siswa diasah sesuai kebutuhan industri. Untuk project work, lebih condong berwirausaha atau menghasilkan produk.

"Untuk waktunya disesuaikan dengan project work masing-masing. Kalau prakerin kan sekitar 6 bulanan," ungkapnya

Sedangkan, Kepala SMKN 12 Surabaya Biwara Sakti Pracihara menjelaskan, program project work akan diterapkan untuk beberapa jurusan di sekolahnya. Mulai jurusan Teater dan Seni Tari, pihaknya hendak mengundang narasumber dari para pemilik sanggar hingga seniman.

"Yang sudah pasti project work ini Seni Tari dan Teater. Karena memang tidak dijinkan orang tua sehingga ada beberapa kelompok yang mengundang sanggar tari di Surabaya yang bagus untuk project work. Outputnya nanti berupa produk garap tari sebagai pengganti praktek kerja lapangan," tandas dia.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar