Cara Merawat Motor saat Musim Hujan

  Minggu, 03 Januari 2021   Adi Ginanjar Maulana
Ilustrasi motor saat musim hujan

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM--Cara merawat motor sata musim hujan ternyata sangat mudah.

Bagi sebagian masyarakat Indonesia, sepeda motor adalah salah satu sarana transportasi yang dinilai paling fungsional. Meski saat ini musim hujan telah tiba, motor pun tetap jadi pilihan transportasi andalan.

Agar motor dapat berfungsi secara optimal, tentu terdapat sejumlah langkah perawatan yang harus dilakukan oleh pengendara. Astra Motor pun membagikan sejumlah kiat perawatan motor selama musim hujan.

Dilansir dari laman resmi Astra Motor pada Sabtu (2/1), salah satu hal utama yang perlu dilakukan oleh pengendara adalah segera mencuci motor setelah menerabas hujan.

Hal ini perlu dilakukan karena air hujan mengandung asam dimana yang bisa menyebabkan korosi dengan cepat pada bagian-bagian motor. Artinya, tindakan untuk segera mencuci motor otomatis dapat menekan timbulnya korosi pada sejumlah bagian pada motor.

Selanjutnya, selalu periksa bagian-bagian kelistrikan motor. Kalau memang di bagian kelistrikan ada sisa air, keringkan segera dengan lap.

Selain itu, jangan lupa periksa bagian lainnya terutama kabel-kabel, apakah ada yang terbuka atau tidak. Jika demikian, segera tutup kabel tersebut, karena bisa menyebabkan konslet ketika terkena air hujan.

Nah, bagi kendaraan yang menggunakan rantai sebagai penggerak roda belakang, maka rantai jadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. Biasanya, rantai kendaraan tidak dilengkapi dengan penutup rantai sehingga sangat disarankan untuk selalu membersihkan rantai dari segala macam kotoran yang menempel.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar