PKH Kemensos Cair Kepada 10 Juta KPM, Cek Lewat 7 Langkah Ini!

  Senin, 04 Januari 2021   Rizma Riyandi
Ilustrasi--Uang (Pixabay)

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM -- Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi anak usia dini, ibu hamil, kaum disabilitas, lansia dan anak sekolah atau Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) Kementerian Sosial (Kemensos) akan cair.

Dilansir Ayojakarta.com, dari enurut Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengungkap, bantuan BLT KPM PKH direncanakan akan mulai dislalurkan pada 4 Januari 2021.

Risma juga mengatakan, anggaran yang sudah disiapkan untuk BLT KPM PKH ini sebanyak Rp28,709 triliun.

Nah, bagaimana cara cek bantuan keluarga penerima manfaat PKH Kemensos 2021? Simak di sini:

AYO BACA : Ini Dia Ponsel Antibakteri Pertama di Dunia

1. Pertama, masuk ke laman https://dtks.kemensos.go.id/.

2. Lalu, lihat bagian Pencarian Data Penerima Bantuan Sosial Tunai (BST), di sebelah kiri atas, lalu pilih ID (dapat menggunakan ID NIK, ID DTKS, atau nomor PBI JK/KIS).

3. Pilih ID Kepesertaan yang diinginkan

4. Masukkan nomor kepesertaan dari ID yang dipilih

AYO BACA : Dokter: Jangan Olahraga Berlebihan Saat Pandemi

5. Masukkan nama sesuai dengan ID yang dipilih

6. Masukkan 4 huruf kode yang tertera dalam kotak kode

7. Klik kotak kode untuk mendapatkan kode baru

Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesejahteraan Sosial Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Tubagus Achmad Choesni mengatakan, peluncuran bansos pada awal Januari ini akan dilakukan secara terpadu yang terdiri dari program bansos reguler dan non reguler.

"PKH kepada 10 juta KPM dan Program Sembako kepada 18,8 juta KPM yang disalurkan oleh Himbara melalui Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), serta diskon Listrik pengguna 450 VA dan 900 DTKS melalui sistem PLN jika pasca bayar atau pemberian token listrik bila pra bayar, " jata Tubagus dalam keterangan tertulis, Kamis (31/12/2020).

Sedangkan program bansos non reguler dalam rangka penanganan pandemi Covid-19 yang telah diberikan di tahun 2020, tetap dilanjutkan pemberiannya tahun 2021. Program bansos tersebut antara lain Bantuan Sosial Tunai (BST) kepada 10 juta KPM yang disalurkan PT Pos dan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) kepada 8 juta KPM yang disalurkan oleh pemerintah desa.

"Kita harus pastikan dengan persiapan matang, nanti kita siapkan dulu teknisnya sehingga launching yang akan dilakukan oleh Presiden dan para menteri bisa berjalan dengan lancar," paparnya.

AYO BACA : Cegah Covid-19 dengan Konsumsi Kunyit! Perhatikan Khasiat dan Cara Mengolahnya

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar