Abu Bakar Ba'asyir Bebas Murni Pekan Ini

  Senin, 04 Januari 2021   Fichri Hakim
Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat, Imam Suyudi

BANDUNG, AYOSURABAYA.COM--Terpidana kasus terorisme Abu Bakar Ba'asyir akan bebas murni pada Jumat 8 Januari 2021.

Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat, Imam Suyudi, mengatakan terpidana kasus terorisme itu bebas murni usai menjalani 15 tahun penjara.

"Jadi menyangkut pembebasan ABB (Abu Bakar Ba'asyir) memang direncanakan hari Jumat tanggal 8 Januari 2021. Bebas secara murni, jadi tidak ada persyaratan khusus, kalau dia pembebasan melalui murni. Beliau sudah menjalani pidana dengan baik, dan mengikuti semua ketentuan prosedur SOP pelaksanaan pembuinaan keamanan di lapas Gunung Sindur dan sudah melalui proses pidana itu. Hari jumat akan kami bebaskan," ujarnya di kantor Kemenkum HAM Jabar, Jalan Jakarta, Kota Bandung, Senin (4/1/2021). 

Tak hanya itu, nantinya pembebasan Ba'asyir akan dikawal Densus 88 Antiteror.

"Tentunya pembebasan ABB (Abu Bakar Ba'asyir) akan dilakukan oleh lapas yang akan berkoordinasi dengan stakeholder pengamanan-pengamanna terkait. Karena dalam rangka pembebasan napiter ini masih dilakukan upaya pengawasan lanjutan oleh pihak terkait untuk keamanan dan ketertiban yang bersangkutan sendiri," jelasnya. 

Imam menuturkan, stakeholder yang dimaksud yakni aparat keamanan lain. Dengan demikian, Densus 88 Antiteror juga dilibatkan dalam pembebasan Abu Bakar Ba'asyir.

"Tentunya, jadi tetap kami dan saat ini pun sudah dikoordinasikan dengan Densus terkait pembebasan Jumat nanti," tuturnya.

Abu Bakar Ba'asyir dipastikan akan bebas pada Jumat 8 Januari 2021 dari Lapas Gunung Sindur, Ia bebas murni usai menjalani vonis 15 tahun penjara.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar