Kisah Satpam Jago Bela Diri Ringkus Maling Motor di Gresik

  Selasa, 05 Januari 2021   Adi Ginanjar Maulana
Seorang satpam jago beladiri lumpuhkan maling motor di Gresik (Foto: Beritajatim.com)

GRESIK, AYOSURABAYA.COM--Satpam Perumahan Pondok Permai Suci, Manyar, Gresik, Andri Esfandi Ari (29) berhasil melumpuhkan maling saat akan mencuri di kawasan itu.

Gara-gara berhasil melumpuhkan maling dan melaporkannya ke kepolisian, Andri mendapat penghargaan dari Kepolisian Sektor (Polsek) Manyar, kabupaten setempat, Selasa (05/01/2021).

Perisiwa duel satu lawan satu antara Andri dan maling motor ini terjadi pada Sabtu (02/12/2021). Saat itu, Andri sedang mendapat giliran jaga mengecek kondisi lingkungan komplek.

Kapolsek Manyar Iptu Bima Sakti, menceritakan peristiwa percobaan pencurian motor itu bermula. Saat itu M Ahol Fareza (18), pemilik motor, awalnya mendengar gantungan kunci motor miliknya mau diambil orang. Setelah dicek, ternyata sudah ada orang duduk di atas motor miliknya.

Spontan M.Ashol berteriak meminta tolong sambil keluar rumah. Pelaku yang berinisial MD mencoba kabur karena kepergok si pemilik motor. Masalahnya, si maling enggak kabur sungguhan.

"Pelaku itu malah mencoba kembali lagi sewaktu kepergok dan bersembunyi di samping mobil," ujar Iptu Bima Sakti, seperti dikutip dari beritajatim.com, Selasa (5/12/2021).

Merasa aman, pelaku kembali beraksi untuk melakukan aksi pencurian motor kedua kalinya. Sementara korban yang tidak tenang dan merasa curiga langsung menghubungi petugas security untuk meminta bantuan.

Kemudian Satpam Andri melakukan patroli sendirian keliling perumahan. Saat itulah dia melihat seseorang di sebuah garasi milik warga.

Andri memergoki tapi si Maling mengelak. Lalu aksi kejar mengejar terjadi dan berakhirlah dengan duel satu lawan satu. Si maling keok dan berhasil dibekuk oleh Andri.

Dengan cukup bukti, akhirnya terduga pencuri itu diamankannya di pos pengamanan dan diserahkan ke Polsek Manyar.

Atas keberanian itu, Bima Sakti langsung memanggil petugas ke Mapolsek Manyar. Pihaknya menghimbau kepada para security baik perumahan atau di tempat lainnya untuk tidak segan-segan mengambil tindakan jika ada dugaan tindak kriminal yang diketahuinya.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar