Kunjungan Wisatawan di Jatim Naik

  Selasa, 05 Januari 2021   Praditya Fauzi Rahman
Logo BPS

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM - Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Timur mencatat kenaikan jumlah wisatawan pada November lalu.

"November, terlihat ada peningkatan cukup signifikan. Sebesar 4.580,77 persen," kata Kepala BPS Jatim Dadang Hardiwan perihal rilis jumlah kunjungan wisatawan mancanegara yang masuk ke wilayah kerjanya, Selasa (5/1/2021). 

Dadang menyebut, pada November 2020 ada 2.434 orang masuk melalui Bandara Internasional Juanda Surabaya. Menurutnya, jumlah tersebut meningkat cukup signifikan dibanding Oktober 2020. 

Dalam bulan itu pula, kunjungan dari luar negeri yang masuk melalui Bandara Internasional Juanda hanya sekitar 52 orang. 

"Pada November, sebagian besar adalah WNI yang tercatat sebagai penduduk di luar negeri yang bekerja," imbuh dia. 

Data yang dikumpulkan BPS Jatim menurut negaranya, yakni Singapura 11 kunjungan, Tiongkok lima kunjungan, Amerika Serikat tiga kunjungan, Malaysia dengan 11 kunjungan, dan negara lainnya sebanyak 18 kunjungan. 

Sedangkan sisanya sekitar 2.386 kunjungan yang terdiri dari Warga Negara Indonesia (WNI). 

Secara komulatif, dari Januari-November 2020, Dadang menyebut kunjungan tersebut adalah yang terendah sedari lima tahun terakhir. Total, hanya 37.257 kunjungan atau turun 83,32 persen apabila dibandingkan pada periode yang sama di tahun sebelumnya. Pada periode sebelumnya, mencapai 223.353 kunjungan. 

Dadang berharap, pada bulan-bulan berikutnya minat wisatawan yang datang kembali bisa lebih bergairah dan mengalami peningkatan. Kendati demikian, Dadang tak mengelak perlu usaha ekstra untuk dapat mengembalikan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Jatim.

"Ini diperlukan usaha yang cukup berat untuk memulihkan kondisi pariwisata di Jatim," bebernya.

"Menarik kembali, wisatawan mancanegara untuk kembali mengunjungi objek wisata maupun menginap di hotel. Ini merupakan tantangan bagi kita semua, ke depan semoga minat wisatawan datang," timpalnya lagi. 

Data dari BPS menyebut tingkat hunian hotel berbintang di Jawa Timur pada November 2020 mencapai 45,47 persen. Denhan demikian, terdapat presentase kenaikan sebanyak 3,38 poin dibanding bulan sebelumnya. 

Namun, Rata-rata Lama Menginap Tamu (RLMT) Asing di hotel berbintang sejak November 2020 mencapai 3,43, dengan demikian bisa dikatakan menurun 0,93 poin dibanding bulan Oktober 2020 yang mencapai 4,36 hari. 

Pada RLMT keseluruhan sejak bulan November 2020 sebesar 1,55 hari atau naik 0,06 poin dibanding bulan Oktober 2020 yang mencapai 1,49 hari.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar