#RismaRatuDrama Jadi Trending Topic di Twitter

  Kamis, 07 Januari 2021   Rizma Riyandi
Menteri Sosial Tri Rismaharini (Republika)

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM -- Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini blusukan dan menemui gelandangan di Jakarta. Aksi tersebut menuai kontroversi dan olok-olok. Juga, menjadi trending topik (topic) di Twitter, Kamis (7/1/2021) pagi.

Dilansir dari Republika.co.id, aksi Risma itu dituding netizen melakukan drama. Hingga pukul 10.29 Wib, tagar yang mengkritik mensos, #RismaRatuDrama, masih bertengger di platform media sosial berlogo burung itu dengan 6.792 tweet.

Sekali lagi, aksi mantan wali kota Surabaya dua periode itu menjadi trending topic setelah blusukan dan menjumpai beberapa PMKS (Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial) atau tunawisma yang tidak memiliki tempat tinggal di Jakarta, Senin (4/1) lalu.

Seperti yang ditulis oleh warganet yang dirangkum redaksi. Netizen juga mencurigai aksi mensos itu.

"Apa yang di sampaikan Pak Wagub DKI ini bener banget. Selama saya tinggal di Jakarta, saya tau persis kalau daerah Sudirman-Thamrin tuh merupakan daerah steril dari tunawisma. Jadi wajar saja kalo masyarakat (hususnya Jakarta) heran dan mengatakan #RismaRatuDrama," tulis @Momoxxxx.

Risma Diminta Kembali ke Surabaya

AYO BACA : Pemkot Surabaya Akui Keberatan Penerapan PSBB Jawa-Bali

Gaya blusukan Menteri Sosial Tri Rismaharini yang kerap dilakukannya sejak menjabat menteri dikrittik oleh Anggota Komisi VIII dari Fraksi PKS, Bukhori.

Menurutnya, apa yang dilakukan Risma sebatas pencitraan. Sebab, menyelesaikan pekerjaan rumah sebagai Mensos tidak sekadar turun ke lapangan dengan cara blusukan.

"Sebaiknya mensos fokus dulu menyelesaikan PR Kemensos jangan terlalu sibuk dengan pencitraan," kata Bukhori kepada Suara.com, Rabu (6/1/2021).

Bukhori menyoroti cara pandang yang dipakai Risma yang kini sudah menjadi menteri. Risma diminta tidak lagi menggunakan cara pandangnya saat memimpin Surabaya. Pasalnya lingkup Kementerian Sosial kini lebih luas, tidak hanya sebatas kota.

"Makanya saya pernah katakan bu menteri sekarang ini sudah jadi menteri, bukan lagi wali kota. Jadi cara pandang dan cara kerja mesti berubah dengan sekala nasional," kata Bukhori.

Sebelumnya, Dosen Universitas Indonesia (UI), Ronnie Higuchi Rusli mengomentari aksi blusukan yang dilakukan oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini.

AYO BACA : 1 Desa di Kabupaten Malang Terisolasi Akibat Jembatan Ambrol

Ronnie Rusli menyebut blusukan Mensos Risma di Jakarta hanya dimaksudkan untuk mencari perhatian dan sensasi.

Cibiran keras tersebut disampaikan oleh Ronnie Higuchi Rusli lewat jejaring Twitter miliknya, @Ronnie_Rusli, pada Selasa (5/1/2021).

"Blusukan Bu Risma sudah ketahuan kalau di Jakarta cuma cari perhatian dan sensasi," tulisnya seperti dikutip Suara.com.

Ronnie Rusli pun mengatakan, Mensos Risma hanya belagak bekerja guna mencari sensasi berita saja.

Oleh sebab itu, dia menyebut baiknya Risma kembali ke Surabaya saja.

"Belagak bekerja untuk cari sensasi berita saja. Lebih baik di Surabaya sajalah," tandas Dosen UI tersebut.

Sebelumnya, Mensos Risma melakukan aksi blusukan ke wilayah Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat.

Mensos Risma disebut-sebut menyambangi para tunawisma dan membujuk mereka untuk pindah ke tempat rehabilitasi.

AYO BACA : Diduga Mabuk, Pengendara Motor Tewas pada Kecelakaan di Tuban

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar