Dalam Sepekan, Polrestabes Surabaya Jaring Puluhan Ribu Pelanggar Prokes

  Jumat, 08 Januari 2021   Praditya Fauzi Rahman
Ilustrasi razia yustisi prokes

BUBUTAN, AYOSURABAYA.COM - Operasi yustisi terkait protokol kesehatan (prokes) kembali digelar. Sasarannya pun serupa, yakni masyarakat yang 'cengkal' melanggar protokol kesehatan (prokes). 

Mulai tanggal 1 hingga 7 Januari 2021, Polrestabes Surabaya menjaring ribuan orang dalam operasi yustisi terkait penegakan disiplin prokes di wilayah hukum Polrestabes Surabaya.

Dalam kegiatan itu, ada 3.990 pelanggar prokes yang terjaring. Ribuan orang itu pun langsung dikenakan sanksi tindak pidana ringan (tipiring) beserta dan denda administratif. 

Data yang diperoleh AyoSurabaya.com dari Polrestabes Surabaya menyebutkan, sudah dilakukan 44.232 kegiatan operasi yustisi dengan sasaran 84.936 Orang. 

Wakapolrestabes Surabaya AKBP Hartoyo menegaskan, pihaknya akan lebih meningkatkan lagi razia prokes menjelang Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), pada 111 hingga 25 Januari 2021. 

"Menjelang PPKM, akan meningkatkan razia prokes, agar warga waspada dan patuh," beber Hartoyo, Jumat (8/1/2020). 

Sedangkan, pada operasi yustisi yang juga digelar menyasar sejumlah lokasi. Yang pertama adalah terminal, yang telah dilakukan razia sebanyak 326 kali. Yang kedua mall, sebanyak 169 kali. Ketiga adalah pasar, 515 kali razia. Keempat, rumah makan 641 kali. Kelima, tempat wisata 150 kali. Keenam tempat ibadah 433 kali razia. Yang terakhir adalah tempat umum lainnya sebanyak 3535 kali. 

Selain itu, hasil dari kegiatan operasi yustisi yang berupa teguran pun tak kalah banyak. Ada 23.108 teguran yang dilakukan personel Polrestabes Surabaya. Data menyebut, teguran tertulis sebanyak 9.364 dan teguran lisan sebanyak 13.761. Sedangkan, sisanya adalah teguran dalam bentuk lain. 

Hartoto menjelaskan, dalam razia prokes nanti yang akan dilaksanakan, pihak kepolisian dari Polrestabes Surabaya akan bergandengan dengan tiga pilar (TNI, Polri, dan Pemkot / Pemkab) akan langsung menyasar kerumunan. 

"Kita langsung on the spot," imbuh polisi dengan dua melati dipundaknya itu. 
 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar