Razia Prokes, Puluhan Orang Diamankan dan Dilakukan Swab Serta Denda

  Sabtu, 09 Januari 2021   Arditya Pramono
Ilustrasi--Razia Prokes (Humas Satpol PP / Pemkot Kota Surabaya)

GUBENG, AYOSURABAYA.COM -- Semalam, Jumat (8/1/2021), razia protokol kesehatan (prokes) kembali dilakukan Polrestabes Surabaya kembali. Dalam kegiatan tersebut, Polrestabes bersama Satpol PP dan TNI Kota Surabaya.

Dalam razia tersebut, puluhan orang diamankan. Tak hanya itu saja, seluruh orang tang terjaring dilakukan tes usap atau swab test dan dikenakan sanksi denda.

Danyon Satpol PP Kota Surabaya Djoko Susilo mengayakan, mulanya petugas gabungan mengkroscek informasi masyarakat terkait adanya kerumunan massa pada bazar yang diadakan dihalaman sebuah radio swasta di Jalan Ngagel Madya pada Jumat (8/1/2021) malam.

AYO BACA : Ini Dia Ponsel Antibakteri Pertama di Dunia

Berawal dari itu lah, petugas gabungan mendatangi lokasi. Disana, petugas gabungan mendapati kebenaran laporan itu. Petugas gabungan lantas menindak 33 orang yang berkerumun. Selain itu, petugas gabungan juga menindak pengelola lantaran dianggap melanggar Perwali No 67 tahun 2020.

"Sesuai laporan warga, bahawasannya ada kerumunan massa. Ternyata disana (lokasi pertama) mereka mengadakan bazar murah, yang rencannya akan dilalukan pada Jumat, Sabtu, dan Minggu," kata Djoko kepada awak media, Sabtu (9/1/2021).

Tak berhenti sampai disitu, kemudian petugas gabungan beralih ke lokasi lain, yakni Pujasera Bratang Binangun yang letaknya tak jauh dari lokasi pertama atau sekitar 50 meter dari Polsek Gubeng.

AYO BACA : Dokter: Jangan Olahraga Berlebihan Saat Pandemi

Disana, petugas gabungan menemukan sejumlah pelanggaran. Mulai dari melanggar jam malam, hingga kerumunan. Di lokasi tersebut pula, petugas gabungan mengamankan sejumlah orang yang melanggar prokes dan perwali No.67 Tahun 2020 tersebut.

"Dengan adanya kejadian tadi (malam), semuanya kita lakukan penyitaan KTP sesuai Perwali No 67 Tahun 2020," sambung dia.

Djoko menegaskan, seluruh orang yang terjaring razia itu digelandang ke Mako Polrestabes Surabaya. Kendati demikian, Djoko menerangkan pihaknya bersama instansi terkait akan tetap melakukan razia serupa.

Tujuannya tak lain untuk menekan angka penularan Covid-19 di Surabaya. Ia pun mengimbau kepada masyarakat untuk tetap mematuhi prokes dimanapun dan kapanpun.

AYO BACA : Cegah Covid-19 dengan Konsumsi Kunyit! Perhatikan Khasiat dan Cara Mengolahnya

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar