Apa yang Menyebabkan Sriwijaya Air Jatuh, Gangguan Teknis atau Cuaca?

  Minggu, 10 Januari 2021   Rizma Riyandi
Ilustrasi--Sriwijaya (Suara.com)

GENTENG, AYOSURABAYA.COM -- Penyebab Sriwijaya Air jatuh masih jadi tandatanya. Banyak yang berpekulasi penyebab kecelakaan tersebut antara gangguan teknis atau cuaca buruk.

Dilansir dari Suara.com, pengamat penerbangan Antonius Lisliyanto menyarankan pemerintah untuk membuka riwayat perawatan pesawat (log book) Sriwijaya Air SJ182 rute Jakarta-Pontianak yang jatuh di Kepulauan Seribu sebagai langkah awal investigasi.

AYO BACA : Ini Dia Ponsel Antibakteri Pertama di Dunia

\"Kita harus lihat log books maintenance pesawat tersebut. Dari informasi yang saya dapat pesawat itu mengalami delay. Dari log book itu akan menjelaskan delay karena cuaca atau gangguan teknis,\" ujar Antonius Lisliyanto ketika dihubungi, Sabtu (9/1/2021) malam.

Secara umum data yang disimpan dalam log book berisi tanggal, tempat keberangkatan dan kedatangan, jenis pesawat, jumlah penerbangan pesawat hingga pemeliharaan pesawat.

AYO BACA : Dokter: Jangan Olahraga Berlebihan Saat Pandemi

\"Kalau dalam log book itu delay karena gangguan teknis, maka pesawat memang sedang tidak ready,\" ucapnya.

Jika karena faktor cuaca, lanjut dia, tentu pilot pesawat sudah mengetahui situasi yang akan dihadapi. Pilihannya bisa menggunakan rute alternatif untuk menghindari cuaca buruk.

\"Sebenarnya pesawat dirancang untuk mampu menghadapi cuaca buruk, asalkan tidak terlalu ekstrem,\" kata Antonius yang juga staf pengajar di salah satu perguruan tinggi swasta itu.

Seperti diberitakan, pesawat komersial Sriwijaya Air rute Jakarta-Pontianak dengan penerbangan SJ182 jatuh di Kepulauan Seribu pada pukul 14.40 WIB. Saat ini Basarnas sedang berusaha menemukan lokasi jatuhnya pesawat.

AYO BACA : Cegah Covid-19 dengan Konsumsi Kunyit! Perhatikan Khasiat dan Cara Mengolahnya

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar