Bangun Rusun 5 Lantai, Pemkot Surabaya Dinilai Bikin Program yang Tak Relevan

  Senin, 11 Januari 2021   Rizma Riyandi
Ilustrasi--Rusun Gunungsari di Kota Surabaya, Jatim. (Republika.co.id)

GENTENG, AYOSURABAYA.COM -- Model rumah susun (rusun) lima lantai di Kota Surabaya, Jawa Timur, dinilai sudah tidak relevan lantaran daftar antrean calon penghuni rusun saat ini sudah mencapai 9.000 orang.

AYO BACA : Speed Boat Terbalik di Perairan Timur Sumenep

Dilansir dari Republika.co.id, Anggota Komisi C DPRD Kota Surabaya, Josiah Michael, mengatakan Pemkot Surabaya harus memikirkan model rusun baru dengan kapasitas penghuni lebih banyak. Pasalnya, pada 2021, di APBD telah dianggarkan pembangunan tiga rusun. \"Saya menyarankan pemkot mengubah model rusun yang akan dibangun,\" katanya di Kota Surabaya, Senin (11/1).

AYO BACA : Malang Betul, Bocah 11 Tahun Tenggelam Saat Cari Ikan di Sungai

Menurut dia, dengan terbatasnya jumlah lahan di Surabaya, mustahil antrean itu dapat terselesaikan dalam hitungan tahun. Hal itu karena satu rusun hanya dapat menampung sekitar 100 unit saja. Berbeda apabila dibangun hingga 20 lantai, yang bisa menampung hingga 500-600-an unit.

Selain itu, Josiah menambahkan, Pemkot Surabaya kurang berkenan karena apabila lebih dari lima lantai harus dipasang lift yang membuat biaya perawatan menjadi tinggi. Josiah mengatakan, biaya perawatan rusun itu sebenarnya bisa disiasati apabila rusun tersebut berlokasi di daerah strategis.

Sehingga bisa dipasang videotron untuk iklan. Pemasukan dari videotron bisa untuk subsidi biaya perawatan rusun. \"Di bagian bawah rusun bisa dibangun sentra ekonomi dan biaya sewa bisa untuk subsidi biaya sewa unit,\" kata politikus PSI itu.

Dengan demikian, lanjut dia, rusun bisa dibagi beberapa kategori, misalnya untuk masyarakat berpenghasilan rendah atau untuk keluarga muda. Jika yang untuk keluarga muda bisa diberikan sewa yang lebih tinggi sedikit, misalkan 250 ribu per bulan, hal itu sudah cukup untuk biaya perawatan rusun. \"Subsidi silang juga bisa dilakukan antar rusun,\" kata Josiah.

AYO BACA : Niat Selamatkan Teman, Sukamto Tewas Kesetrum

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar