Warga Jember Gempar Akibat Teror Pocong, Pejabat Desa Bakal Panggil Orang Pintar

  Senin, 11 Januari 2021   Rizma Riyandi
Ilustrasi--Pacong (CNN)

JEMBER, AYOSURABAYA.COM -- Pengakuan seorang warga Desa Padomasan, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jember, mengenai teror pocong sempat membuat media sosial gaduh.

Dilansir dari Suara.com, isu ini diunggah pemilik akun Facebook Imam Malik Ibrahim ke grup medosis Warga Padomasan. Unggahan Malik ini diperkuat dengan pengakuan warga lainnya. Diduga, kata Imam, pocong muncul gara-gara lampu di kuburan mati.

"Sak domasan gempar soal pocong, salahe makam diwei lampu dipateni. Njajal po o lampu diuripi ben ketok padang. (Satu Desa Padomasan heboh soal pocong, salah siapa makam dikasih lampu kok dimatikan, coba lampu dihidupkan)," tulis akun tersebut.

Unggahan tersebut pun direspon sejumlah warganet lainnya yang turut mengomentarinya. Beberapa warganet juga meminta desa bisa mengakomodasi penerangan di sekitar makam yang diduga menjadi lokasi munculnya pocong.

AYO BACA : Pemkot Surabaya Larang Prasmanan Saat Hajatan!

Sementara itu, Pemerintah Desa (Pemdes) Padomasan Jember memberikan penjelasan mengenai adanya dugaan kemunculan hantu pocong yang meneror warganya. Pemdes mengaku masih melakukan pengawasan kebenaran informasi yang sudah beredar luas di masyarakat.

"Benar sementara memang kita monitor informasi yang beredar di masyarakat desa padomasan. Jika nantinya memang semakin mengkhawatirkan kita akan panggil orang pintar (paranormal)," ungkap Sekretaris Desa Padomasan Abdul Khafik saat dihubungi Suarajatimpost.com-jaringan Suara.com pada Minggu (10/1/2021).

Pemanggilan paranormal ini disebut Khafik sebagai pemecahan masalah di tengah kegelisahan masyarakat akan teror hantu pocong.

"Untuk menanggulangi keresehan akibat penampakan hantu pocong yang telah warga temui dan sudah viral di beberapa tempat terutama Dusun Krajan 1 ini," ucap Khafik kembali.

AYO BACA : Diguyur Hujan, Jalan Raya Kota Sampang Tergenang

Dia juga mengungkapkan, bila teror hantu tak kasar mata bukanlah yang pertama kalinya. Setahun lalu juga terdapat teror hantu pocong yang akhirnya berhasil ditanggulangi setelah memanggil paranormal.

"Setahun yang lalu memang benar ada penampakan dan akhirnya semua bisa ditanggulangi setelah makhluk tak kasat mata jenis pocong tersebut kita panggilkan 'orang pintar'," ujarnya.

Sementara itu, seorang tokoh pemuda Desa Padomasan Andreas, menyebut perlu penelusuran lebih lanjut mengenai isu pocong yang meneror di Desa Padomasan.

Mengingat tak menutup kemungkinan ada sejumlah orang yang iseng untuk menakut-nakuti dan membuat resah masyarakat.

"Saran saya warga jangan terlalu takut akan hal-hal gaib yang masih belum tentu kebenarannya. Karena hal itu juga butuh pembuktian jelas, takutnya ada orang iseng yang sengaja membuat keamanan desa goyah dan mencari celah orang untuk berbuat jahat ketika warga mulai dihantui ketakutan dan kecemasan berlebihan," katanya.

AYO BACA : Kuota Penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan Termin 3 Bakal Berkurang? Cek Statusmu di Sini!

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar