13 Besar Spektakuler Indonesian Idol: Siapa yang Akan Pulang?

  Senin, 11 Januari 2021   A. Dadan Muhanda
Standing ovation dari juri buat penampilan Fitri Novianti saat menyanyikan Tetap Dalam Jiwa di Top 14 (YouTube)

AYOSURABAYA.COM—Indonesian Idol kembali tayang di RCTI pada pukul 21.00 WIB Senin 11 Januari 2021 dan disiarkan secara langsung.

Indonesian Idol Special Season 2021 ini memasuki babak Spektakuler 13 besar. Akan ada satu peserta tereliminasi alias harus pulang malam ini. Dari 13 peserta yang tampil, ada beberapa peserta terancam tereliminasi dan kemungkinan pulang karena dalam beberapa kali tampil selalu berada di posisi tidak aman.

Salah satu peserta yang terancam pulang cepat adalah Fitri Novianti. Selama ini, Fitri selalu tampil bagus namun mendapatkan vote rendah dan selalu berada di posisi tidak aman.

Pada babak 14 besar Spektakuler, pekan lalu, Fitri Masuk ke dalam kelompok tidak aman bersama Karen Rantung, Kezia Sirait dan Kelvin. Beruntung, yang harus pulang adalah adalah karen Rantung karena memang malam itu penyanyi yang dibilang mirip Ashanty ini tampil kurang maksimal.

Namun, ada daya dengan Fitri. Tampil memukau membawakan lagu Tetap dalam Jiwa milik Isyana Sarasvati, Fitri meraih 5 standing ovation dari Juri. Tetap saja, apresiasi juri tidak bisa menyelamatkan Fitri dari kelompok tidak aman karena voting dari pemirsa dan penonton belum cukup mendongkrak raihah suara Fitri.

Ini kali kedua Fitri masuk dalam kelompok tidak aman, setelah sebelumnya di babak Final Showcase Fitri juga masuk kelompok tidak aman. Namun, Fitri berhasil Lolos usai diselamatkan Juri.

Di social media maupun YouTube, gerakan vote Fitri menggema. Menurut netizen, nasib Fitri bisa seperti Novia di musim lalu . Ini mengacu pada penampilan Novia bachdim yang selalu all out namun terhempas karena hasil vote.

Peserta lain yang selalu masuk ke dalam kelompok tidak aman adalah  Kezia Sirait. Di babak Final Showcase maupun babak Top 14 Spektakuler , Kezia juga selalu meraih vote rendah. Kezia Sirait harus berusah payah diselamatkan Judika ke Babak Spektakuler.

Dua ama lain yang pernah masuk kelompok tidak aman adalah Kelvin dan Ramanda. Kelvin masuk kategori tidak aman pada babak Spektakuler, sementara Ramanda saat babak Final Showcase.

Sistem eliminasi Indonesian Idol memang begitu. Meskipun kita tidak tahu, sistem voting yang dilakukan RCTI, namun berdasarkan histori para peserta yang berturut-turut di posisi tidak aman selalu tereliminasi. Hingga kini, memang banyak pertanyaan agar penyelenggara membuat sistem voting secara transparan.Bagaimana menurut Kalian?

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar