Begini Cara Menggunakan Signal Messenger Pengganti WhatsApp

  Rabu, 13 Januari 2021   Rizma Riyandi
Signal

GENTENG, AYOSURABAYA.COM -- Signal Messenger sedang ramai diperbincangkan akhir-akhir ini. Apa itu Signal? Benarkah aplikasi yang disebut sebagai pesaing Whatsapp ini lebih aman?

Perubahan kebijakan privasi yang baru saja diumumkan oleh WhatsApp pada 7 Januari 2021 kemarin, membuat sebagian orang yang konsen terhadap data pribadi mulai berniat untuk meninggalkan aplikasi tersebut. Salah satunya adalah orang terkaya di dunia, yaitu Elon Musk selaku pemilik perusahaan mobil listrik Tesla dan roket SpaceX.

Elon Musk, baru-baru ini menyarankan aplikasi Signal kepada para followers-nya di Twitter. Signal adalah sebuah aplikasi perpesanan pesaing WhatsApp.

Lalu bagaimana cara kita mengunduh dan menggunakan Signal? Berikut langkah untuk memasang signal di ponselmu:

Langkah 1: Unduh dan Pasang Signal

Pada perangkat Android, masuk ke Google Play store dan ketik “Signal.” Cari​​Signal PrivateMessenger​ dan ketuk "Install."

AYO BACA : Ini Dia Ponsel Antibakteri Pertama di Dunia

Setelah Signal selesai dipasang, ketuk “Buka” untuk menjalankan aplikasi.

Langkah 2: Daftar dan Verifikasi Nomor Telpon Anda

Setelah Anda membuka aplikasi, Signal akan meminta hak akses daftar kontak dan berkasmedia Anda. Anda dapat mengetuk “Lanjut” dan Signal akan menuntun Anda pada pemberian izin, satu persatu.

Jika Anda menolak pemberian izin, Signal akan memintanya kemudian.Anda sekarang akan melihat tampilan berikut. Masukkan nomor telepon Anda dan ketuk“Daftar”.

Saat ini, Anda akan diminta mengizinkan Signal untuk melihat pesan-pesan SMS. Hal inimemudahkan Signal untuk memverifikasi nomor ponsel Anda. Anda dapat menolak permintaanini dengan mengetuk "Lanjut" dan kemudian "Tolak," atau mengizinkannya dan mengetuk"Lanjut" dan kemudian “Bolehkan”.

Jika Anda menolak memberikan izin, Anda dapatsepenuhnya memasang secara manual dengan memasukkan kode enam-digit yang dikirimkepada Anda lewat pesan SMS.Setelah Anda memasukkan atau mengizinkan Signal membaca kode pesan SMS, prosespendaftaran selesai.

AYO BACA : Dokter: Jangan Olahraga Berlebihan Saat Pandemi

Langkah 3: Pilih sebuah Nama Profil dan Avatar

Avatar dan nama profil yang Anda pilih akan terlihat oleh setiap kontak yang telah Anda simpandi dalam daftar kontak Anda, saat memulai sebuah percakapan baru, dan saat Anda secaraeksplisit mengizinkan kontak atau grup untuk melihat informasi ini. Masukkan tiap informasirelevan dalam langkah ini dan ketuk “Selesai”, atau lewati langkah ini dengan mengetuk "Pasang nanti" pada bagian bawah.

Langkah 4: Tetapkan Signal sebagai aplikasi pembuka SMS

Setelah proses ini selesai, Anda akan melihat layar. Dengan mengetuk "Gunakan sebagai aplikasi pembuka SMS," Anda bisa menetapkan agar
Signal menangani aplikasi Signal juga pembuka pesan SMS. Hal ini akan sangat berguna untukmenempatkan seluruh pesan Anda di satu tempat.

Waspada jika Anda memutuskan untuk menggunakan Signal sebagai pembuka SMS, pesanyang dikirim ke kontak yang tidak memiliki Signal (bahkan saat mengirimnya dari aplikasiSignal) tidak akan terenkripsi.

Menggunakan Signal

Untuk menggunakan Signal, pihak yang Anda ingin hubungi harus memasang Signal. Jika Andamencoba mengirim pesan kepada seseorang yang tidak menggunakan Signal, pesan yangterkirim adalah pesan teks standar tanpa enkripsi. Jika Anda mencoba memanggil orangtersebut lewat Signal, panggilan akan masuk dengan panggilan telpon biasa.

Signal menyediakan Anda dengan daftar pengguna Signal lain di dalam kontak Anda. Dalam hal ini, data dari nomor telpon Anda akan diunggah ke server Signal, meski data ini akan segeradihapus sesegera mungkin oleh Signal.

AYO BACA : Cegah Covid-19 dengan Konsumsi Kunyit! Perhatikan Khasiat dan Cara Mengolahnya

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar