Profil Komjen Listyo Sigit Prabowo, Calon Tunggal Kapolri yang Ditunjuk Jokowi

  Rabu, 13 Januari 2021   Adi Ginanjar Maulana
Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo. (Suara.com/Muhamad Yasir)

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM--Kabareskrim Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo ditunjuk sebagai kandidat tunggal pengganti Kapolri Jenderal Idham Azis. 

Surat presiden berisi nama Listyo Sigit Prabowo pun telah dikirim oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno ke pimpinan DPR, Rabu (13/1/2021). 

Hal itu dibenarkan Ketua DPR RI Puan Maharani.

"Karena itu pada hari ini seperti yang saya sampaikan tadi bahwa surpres telah kami terima dari bapak Presiden yang mana bapak Presiden menyampaikan usulan pejabat kapolri yang akan datang dengan nama tunggal yaitu Bapak Listyo Sigit Prabowo yang saat ini menjabat sebagai kabareskrim," katanya.

Selanjutnya, DPR memiliki waktu 20 hari untuk menjalankan mekanisme pengambilan persetujuan calon Kapolri tersebut.

Menyadur Antaranews, berikut ini profil Komjen Listyo Sigit Prabowo.

Ia merupakan salah satu lulusan Akademi Kepolisian yang memiliki jejak karier baik di tubuh polri.

Lahir di Ambon, 5 Mei 1969, Komjen Listyo Sigit Prabowo kini berusia 51 tahun. Ia  mengawali kiprah di kepolisian dengan menempuh pendidikan di Akademi Kepolisian (1991). Ia juga pernah mengenyam pendidikan S2 di Universitas Indonesia.

Beberapa jabatan yang pernah ia emban selama berkarier di polri adalah sebagai berikut;

Pada tahun 2009, ia sempat menduduki jabatan Kapolres Pati.

Satu tahun kemudian, masih di lingkungan Polda Jateng, ia berpindah tugas menjadi Kapolres Sukoharjo. Sebelum menjadi kapolres di Pati dan Sukoharjo, ia sempat menduduki jabatan Kabag Dalpers Ropers Polda Metro Jaya.

Di tahun 2010, Komjen Listyo Sigit Prabowo diberi jabatan Wakapolrestabes Semarang dan pindah tugas menjadi Kapolresta Surakarta pada tahun 2011.

Di tahun berikutnya, ia ditarik ke pusat untuk menduduki jabatan kasubdit II Dittipidum Bareskrim Polri. Ia pun kembali berpindah tugas menjadi Direskrimum Polda Sultra pada tahun 2013.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar