Jelang Vaksinasi Covid-19, Persiapkan 'Tiket' hingga Menanti Data Kemenkes RI

  Rabu, 13 Januari 2021   Praditya Fauzi Rahman
ilustrasi vaksinasi Covid-19. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

GENTENG, AYOSURABAYA.COM -- Jawa Timur dijadwalkan menjalani vaksinasi Covid-19. Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 pertama di Jawa Timur akan berlangsung pada Kamis (14/1/2021) besok di Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

Bahkan, ada 19 nama penerima vaksin pertama, mulai dari pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) hingga tokoh masyarakat.

Hal tersebut dibenarkan Ketua Satgas Kuratif Covid-19 Jatim, dr Joni Wahyuhadi saat konferensi pers pada Rabu (13/1/2021) siang. Joni mengatakan, pihaknya telah menerima sejumlah nama yang masuk dalam daftar penerima vaksinasi Covid-19.

Tapi, Joni menegaskan, pihaknya masih menunggu kepastian sejumlah nama itu berdasarkan keputusan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI).

"Karena memang vaksin ini datanya hanya satu, ada di Kemenkes di Subdit Vaksin," ujar Joni kepada wartawan, Rabu (13/1/2021).

Dari data yang diperoleh Ayosurabaya.com menyebutkan, sudah ada daftar penerima vaksinasi tahap pertama. Antara lain Pangdam V/Brawijaya, Kapolda Jatim, Ketua Tim Penggerak PKK Jatim, Kakesdam V/Brawijaya, Kabiddokkes Polda Jatim, Kepala BPOM Surabaya, Direktur RS dr Soetomo, Direktur RSAL Surabaya, serta beberapa akademisi, tokoh agama, tokoh media, sampai Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak.

Joni mengimbuhkan, bagi tokoh atau pejabat yang mengaku telah menerima SMS blast dari Subdit Vaksin tersebut, dapat langsung dicocokan dengan data yang dimiliki BPJS.

"Dan yang bersangkutan untuk mendapat 'tiket', setelah registrasi itu langsung ke SMS beliau-beliau. Namanya SMS blast itu," sambungnya.

"Dari situ nanti kita cocokkan di sini datanya dengan tiket yang dimiliki oleh BPJS. Baru setelah itu baru dilakukan tindakan vaksin," timpal Joni.

Sebelumnya, vaksin Sinovac tiba di Surabaya pada Senin (4/1/2021) lalu di Kantor Dinkes Jatim yang berada di Jalan Ahmad Yani Surabaya dengan pengawalan ketat dari sejumah personel kepolisian.

Selanjutnya, vaksinasi akan dilakukan di area Jatim pada Kamis (14/1/2021) besok dengan prioritas SDM Kesehatan.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar