Pemprov Jatim Bakal Perluas Daerah PPKM, Zona Merah Jadi Sebab

  Jumat, 15 Januari 2021   Praditya Fauzi Rahman
Ilustrasi. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

GENTENG, AYOSURABAYA.COM -- Zona Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali hingga tanggal 25 Januari 2025 akan diperluas. Meluasnya jumlah daerah zona merah penyebaran Covid-19 di Jatim menjadi salah satu penyebabnya.

Hal tersebut berdampak pada penambahan jumlah daerah yang wajib menerapkan PPKM di Jatim. Data yang diperoleh Ayosurabaya.com menyebutkan, ada 4 daerah yang akan menerapkan PPKM. 4 daerah itu mulai dari Kabupaten dan Kota Mojokerto, Kabupaten Nganjuk, sampai Kabupaten Kediri

Hal tersebut diberlakukan berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Jawa Timur Nomor 181/7/KPTS/013/2021 tentang PPKM Untuk Pengendalian Penyebaran Corona Virus Desease 2019 tertanggal 13 Januari 2021. Keputusan Gubernur itu berlaku semenjak ditetapkan di Jatim.

"Penambahan PPKM ini demi kemaslahatan masyarakat. Jangan bosan untuk terus disiplin protokol kesehatan. Ayo kita saling terus jaga Agar Jawa Timur bisa segera lepas dari belenggu covid-19 ini," ujar Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dalam akun resmi media sosial Instagramnya, Jumat (15/1/2021).

Hingga saat ini, sudah ada 15 daerah yang melaksanakan PPKM. Namun, 11 daerah sudah memberlakukan PPKM lebih dulu sebelumnya. 11 daerah itu antara lain Kabupaten Ngawi, Kota Blitar, Kota Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Kota Malang, Kabupaten Malang, Kota Batu, Kota Madiun, Kabupaten Madiun, hingga Kabupaten Lamongan.

"Kita harus optimis Insya Allah Jatim bisa!" sambungnya dalam postingan tersebut.

Sedangkan, data daei Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) menyebutkan, jumlah kasus penularan covid-19 di Jatim pada Jumat (15/1/2021) ini tembus pada angka 1.198 kasus. Untuk jumlah kumulatif mencapai 9.7243 kasus.

Disisi lain, pada angka kesembuhan mencapai 868 kasus serta angka kesembuhan kumulatif mencapai 8.3199 kasus kesembuhan.

Sebelumnya, PPKM mulai dilaksanakan di Jawa-Bali sejak tanggal 11 sampai 25 Januari 2021. Sejumlah personel gabungan dari kepolisian, TNI, hingga Satgas Covid-19 diterjunkan dalam pelaksanaan PPKM tersebut.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar