Virus Corona Covid-19 Menyebar Lewat Makanan Kemasan, Benarkah?

  Senin, 18 Januari 2021   M. Naufal Hafizh
[Ilustrasi] Apakah virus corona Covid-19 bisa menular dan menyebar lewat makanan kemasan? (Pixabay)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM – Di tengah melonjaknya kasus virus corona Covid-19, barangkali masih ada yang masih bertanya, apakah virus corona Covid-19 menyebar dan menular lewat makanan kemasan?

Saat pandemi corona Covid-19, banyak orang membeli bahan masakan atau makanan kemasan yang tersedia di supermarket. Namun, konsumen tidak tahu makanan kemasan itu diolah dan dipegang oleh orang yang positif virus corona Covid-19 atau tidak.

Menurut Food and Drug Administration dilansir oleh Fox News, belum ada bukti yang menyatakan bahwa penularan virus corona Covid-19 bisa melalui makanan kemasan.

Sejauh ini, penularan virus corona Covid-19 antarmanusia masih diyakini melalui tetesan cairan tubuh setelah seseorang yang terinfeksi batuk atau bersin. Lalu, tetesan yang keluar mengontaminasi orang lain.

"Virus corona Covid-19 ini tidak seperti virus bawaan makanan gastrointestinal (GI) seperti norovirus dan hepatitis A yang bisa membuat orang sakit melalui makanan," kata FDA.

"Ia adalah virus yang menyebabkan penyakit pernapasan. Jadi, paparan virus melalui makanan belum diketahui rute penularannya," kata dia.

Namun, virus corona Covid-19 ini masih bisa disebarkan oleh pekerja pengolah makanan kemasan yang terinfeksi maupun tidak cuci tangan setelah terkontaminasi. Menurut Coronavirus Resource Center dari Harvard Medical School, pekerja yang tidak mencuci tangan dengan benar setelah menggunakan toilet juga bisa menyebarkan virusnya.

"Virus yang menyebabkan corona Covid-19 juga telah terdeteksi pada tinja orang-orang tertentu. Jadi, sekarang ini kami tidak mengesampingkan kemungkinan infeksi menular melalui makanan. Karena, orang yang mengolahkan tidak menjaga kebersihan," kata Harvard.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar