Pemohon Perpanjangan SIM di Surabaya Dibatasi saat PPKM, Catat Ketentuannya!

  Selasa, 19 Januari 2021   Praditya Fauzi Rahman
[Ilustrasi] Layanan SIM keliling di Surabaya. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

BUBUTAN, AYOSURABAYA.COM -- Kasatlantas Polrestabes Surabaya AKBP Teddy Chandra melalui Kanit Regident Satpas SIM Colombo Surabaya AKP Rizal Nugra Wijaya mengatakan, ada penurunan jumlah pemohon perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Rizal menjelaskan, sejak PPKM dilaksanakan 11 Januari 2021, pihaknya pun membatasi jumlah pemohon perpanjangan SIM.

"Karena PPKM ini, kita membatasi, mengurangi kerumunan, sekitar 25% saja," ujar Rizal kepada AyoSurabaya.com melalui telepon seluler, Selasa (19/1/2021).

Sebelum PPKM, Rizal menyebut jumlah pemohon SIM berkisar antara 70 sampai 100 orang setiap harinya. Puluhan hingga ratusan orang itu, kata Rizal, kerap memadati SIM Keliling (SIMLing) sejak awal buka gerai pukul 08.00 WIB, hingga 12.00 WIB. "Sebelum ini (PPKM), bisa 70 sampai 100 orang per harinya," kata polisi dengan tiga balok dipundaknya itu.

Kendati sudah ada jam operasional yang pasti, namun masih saja ada pemohon yang belum terlayani, Rizal mengaku pihaknya harus memperpanjang durasi agar beberapa pemohon yang terlanjur mendaftar dan antre dapat segera terlayani.

"Bisa sampai jam 13.00 WIB tutupnya, kalau pemohon banyak," katanya.

Rizal memaparkan, pihaknya mengikuti regulasi dan kebijakan dari pemerintah dalam penerapan PPKM di Jawa-Bali. Sebab, angka persebaran Covid-19 yang kian meningkat, pihak Rizal juga akan menerapkan protokol kesehatan (prokes) dan mengurangi jumlah pemohon saat SIMLing di Jatim Expo dan Kapas Krampung Plaza Surabaya.

"Contoh, sebelum PPKM ada 100 orang. Nah selama PPKM kita mengurangi, agar tidak berkerumun dan jaga jarak. Selama PPKM anjlok drastis, biasanya 100 jadi 30, atau di bawahnya," kata dia.

Berikut ini ketentuan perpanjangan SIM kendaraan bermotor:

Pelayanan SIM Keliling (SIMLing) berada di 2 tempat, yakni Jatim Expo dan Kapas Krampung Plaza Surabaya.

SIMLing ini hanya melayani perpanjangan SIM saja. Untuk pembuatan SIM baru, pemohon diwajibkan mendatangi Satpas Colombo Satlantas Polrestabes Surabaya.

SIMLing beroperasi setiap hari, mulai pukul 08.00 sampai 12.00 WIB, kecuali hari libur dan tanggal merah.

Pemohon diwajibkan membawa berkas:

  1. Fotokopi Kartu Identitas Penduduk
  2. Surat kesehatan
  3. Tes psikologi

Selanjutnya, pemohon diwajibkan mengambil nomor antrean kemudian mengisi biodata diri pada form yang disediakan.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar