KPU akan Tetapkan 16 Pemenang di Pilkada Jatim Pekan Ini

  Selasa, 19 Januari 2021   Praditya Fauzi Rahman
Ilustrasi pelaksanaan pilkada di Jawa Timur. (KPU Jatim)

MULYOREJO, AYOSURABAYA.COM -- Kepala daerah pemenang Pemilihan Kepala Daerah Jawa Timur (Pilkada Jatim) akan segera ditetapkan.

Data yang diperoleh ayosurabaya.com menyebutkan ada 16 calon kepala daerah di 19 kabupaten atau kota yang menggelar Pilkada 2020 di Jatim akan ditetapkan minggu ini. 

Hal tersebut dibenarkan Komisioner KPU Jatim M. Arbayanto pada Selasa (19/1/2021) siang. Ia mengatakan yang ditetapkan adalah yang tidak ada perselisihan hasil di Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK). Ia menegaskan, hal tersebut telah sesuai dengan Peraturan KPU yang ada. 

"Tiga hari setelah BRPK terbit, maka itu menjadi batas waktu KPU kabupaten atau kota untuk penetapan pasangan calon terpilih," beber Arbayanto, Selasa (19/1/2021). 

Arbayanto mengimbuhkan, ada tiga daerah sisa yang belum ditetapkan. Ketiga daerah itu adalah Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Lamongan, dan Kota Surabaya. Ia menyebut, ketiga daerah itu masih akan menghadapi gugatan di Mahkamah Konstitusi. Sehingga, lanjut dia, penetapan kepala daerah di tiga wilayah itu harus ditunda. 

"Untuk daerah yang tak menghadapi gugatan bisa melakukan penetapan," imbuh dia. 

Arbayanto menjelaskan, ketika penetapan kepala daerah terpilih nanti, ia mengingatkan agar KPU kabupaten atau kota menerapakan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

Sebab, sampai saat ini masih dalam kondisi Pandemi Covid-19. 

"Teknisnya, pelaksanaan tetap dengan menerapkan prokes berdasarkan PKPU 13 tahun 2020. Semuanya diatur. Prinsipnya, ini sesuai dengan penerapan prokes di masa pandemik," tandasnya 

Usai tahapan penetapan calon kepala daerah terpilih, kemudian akan dituangkan dalam berita acara. Selanjutnya, akan diterbitkan surat keputusan. 

"Kemudian KPU akan menyampaikan hasilnya kepada DPRD kabupaten atau kota," tutupnya.
 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar