Polda Jatim Kirim Ribuan Paket Sembako ke Korban Bencana di Kalsel dan Sulbar

  Selasa, 19 Januari 2021   Praditya Fauzi Rahman
Polda Jatim kirim bantuan untuk korban bencana banjir di Kalsel dan Sulbar. (Bidhumas Polda Jatim)

BUBUTAN, AYOSURABAYA.COM -- Sebagai bentuk rasa kemanusiaan, Polda Jatim mengirimkan bantuan untuk korban bencana banjir di Kalimantan Selatan dan gempa di Sulawesi Barat.

Wakapolda Brigjen Pol Slamet mengatakan bantuan yang dikirimkan berupa ribuan paket sembako. 

"Paket sembako untuk saudara kita yang terkena musibah gempa dan banjir," papar Slamet kepada awak media, Selasa (19/1/2021).

Slamet menyebut, total sembako yang dikirimkan mencapai 25.165 paket. Ia menjelaskan paket sembako itu dikirim menggunakan puluhan truk. Dalam pendistribusiannya, lanjut Slamet, akan melintasi jalur laut dan darat.

Slamet menuturkan, sejumlah peralatan mandi, vitamin, hingga alat penunjang protokol kesehatan (prokes) juga diharap mampu meminimalisir penyebaran Covid-19 kepada para korban.

Ia berharap, bantuan yang terkumpul dari sejumlah polres jajaran Polda Jatim dapat segera dimanfaatkan para korban.

"Semoga bermanfaat," tandasnya.

Sebelumnya, bencana alam gempa bumi meluluh lantakan beberapa daerah di Sulawesi Barat. Gempa berkekuatan magnitudo 6,2 itu menimbulkan banyak korban jiwa. 

Hingga saat ini, jumlah korban gempa Sulbar yang meninggal dunia menjadi 42 orang dengan rincian 34 orang meninggal dunia di Kabupaten Mamuju dan 8 orang di Kabupaten Majane. Sejumlah personel gabungan dari sejumlah instansi terkait dikerahkan menyisir korban jiwa dan luka-luka di lokasi terjadinya gempa tersebut.

Di Kalimantan Selatan, banjir yang menerjang 10 kabupaten. Banjir juga merendam 24.379 rumah. Akibatnya, ada 39.549 warga terpaksa mengungsi. Selain itu, sejumlah personel gabungan dari TNI, Polri, hingga Basarnas juga turut diterjunkan dalam penanganan bencana alam tersebut.

 

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar