Sebanyak 2.301 Nakes di Surabaya Divaksinasi Covid-19

  Selasa, 19 Januari 2021   Praditya Fauzi Rahman
Ilustrasi vaksinasi.

GUBENG, AYOSURABAYA.COM -- Kepala Dinkes Kota Surabaya, Febria Rachmanita menyebut ribuan tenaga kesehatan (nakes) Surabaya telah menjalani vaksinasi Covid-19 pada gelombang pertama.

Febria mengungkapkan, data yang tercatat pihaknya melalui di Dinas Kesehatan (Dinkes Surabaya, para nakes yang sudah menerima suntik vaksinasi itu bekerja di 109 Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) se-Surabaya.

“Ini masih terus bertambah setiap harinya, karena pelaksanaannya secara bertahap," kata Febria melalui keterangan tertulis yang diterima AyoSurabaya.com, Selasa (19/1/2021).

AYO BACA : Satgas Covid-19 Surabaya Deteksi Munculnya Klaster Keluarga selama PPKM

Sampai Senin (18/1/2021) kemarin, imbuh Febria, total nakes yang telah menerima vaksinasi sekitar 2.301 orang. Ia menambahkan, nakes yang menerima vaksinasi itu adalah nakes lolos tahap skrining.

"Terdiri dari puskesmas dan RS, namun ada pula nakes yang belum lolos skrining,” sambung wanita yang akrab disapa Feny itu.

Febria memaparkan, masih ada ratusan nakes yang tak lolos seleksi skrining. Ia menegaskan, masih ada 203 nakes yang belum menjalani vaksinasi. Penyebabnya pun beragam, mulai dari berkomorbid, seperti gastritis serta kelainan darah, hipertensi, hingga menyusui dan hamil.

AYO BACA : Sesar Aktif di Jatim Terus Bergerak Berpotensi Gempa, Ini Imbauan Peneliti

“Jumlahnya untuk hipertensi ada sekitar 23 orang. Lalu nakes menyusui ada 10 orang, kemudian gastritis ada lima, serta ada pula yang penyintas dan komorbid lain mengharuskan untuk tidak dilakukan vaksin,” tandasnya.

Selain itu, ia menyebut dari total 33.993, nakes yang sudah mendaftar ulang atau melaksanakan verifikasi sebanyak 26.801 orang.

“Artinya, masih ada yang menunggu SMS blast dan verifikasi data,” bebernya.

Sebelumnya, vaksin Sinovac tiba di Surabaya pada Senin (4/1/2021) lalu di Kantor Dinkes Jatim yang berada di Jalan Ahmad Yani Surabaya dengan pengawalan ketat dari sejumlah personel kepolisian. Selanjutnya, vaksinasi dilakukan di area Jatim pertama kali pada Kamis (14/1/2021) lalu dengan prioritas SDM Kesehatan.

Sejumlah pejabat dan tokoh di Jatim telah menerima vaksinasi tersebut, mulai dari Wagub Jatim Emil Dardak, Plt Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana, hingga perwakilan dari DPRD Kota dan Provinsi.

AYO BACA : Ingin Diet? 7 Minuman Enak, Segar, dan Alami Ini Ampuh Usir Lemak Perut

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar