Dinkes Akan Distribusikan Vaksin Tahap 2 ke Beberapa Daerah di Jatim

  Rabu, 20 Januari 2021   Praditya Fauzi Rahman
Ilustrasi vaksin. (torstensimon dari Pixabay)

GAYUNGAN, AYOSURABAYA.COM -- Kepala Dinkes Jatim, dr. Herlin Ferliana mengatakan, Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) telah melakukan pendistribusian vaksin Covid-19 lagi. Herlin menjelaskan, pendistribusian telah dilakukan pihaknya di tiga daerah, yakni Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Gresik, dan Kota Surabaya. 

"Dari alokasi 33.420, tahap pertama telah didistribusikan sejumlah 15.000," ujar Herlin, Rabu (20/1/2021). 

Ketika dikonfirmasi, Herlin menyebut pendistribusian tahap kedua pada Rabu (20/1/2021) ini sekaligus memastikan ketiga daerah memperoleh alokasi sisa dosis vaksin sesuai yang ditentukan. 

"Pada tahap kedua, didistribusikan 18.420 vaksin," sambungnya.

Herlin menambahkan untuk rincian pembagian vaksin Sinovac, pada Kabupaten Sidoarjo misalnya, memperoleh jatah 8.720 vaksin. Sedangkan, pada tahap pertama baru menerima vaksin sebanyak 4.000 buah. Kemudian, pada tahap kedua kali ini, sisa 4.720 vaksin akan segera didistribusikan Dinkes Jatim ke Kabupaten Sidoarjo. Begitu pula untuk beberapa daerah lainnya, termasuk Kota Surabaya. 

AYO BACA : Polisi Datangi Lokasi Munculnya Kode SOS di Pulau Laki

Herlin menegaskan, ada catatan khusus bagi pihaknya perihal distribusi vaksin buatan perusahaan Tiongkok itu. Menurutnya, kemanan dan armada menjadi hal penting dalam pendistribusian ke daerah yang dituju. Baik dalam hal armada yang digunakan untik mengangkut maupun pengawalan demi keamanan vaksin yang akan dikirim. 

Sebab, untuk armada yang digunakan dalam mendistribusikan, sebut saja truk yang dioperasikan, harus sesuai standart yang ditentukan. Antara lain memiliki mesin pendingin sesuai suhu yang dianjurkan oleh pihak Dinkes. 

Oleh karena itu, sambung Herlin, dalam hal keamanan, kepolisian turut mengawal pendistribusian vaksin dari Dinkes Jatim ke lokasi yang ditargetkan. 

"Ini (armada) yang kita jaga, supaya kualitas vaksinnya terjaga," tandas Herlin.

Sebelumnya, vaksin Sinovac tiba di Surabaya pada Senin (4/1/2021) lalu di Kantor Dinkes Jatim yang berada di Jalan Ahmad Yani Surabaya dengan pengawalan ketat dari sejumlah personel kepolisian.

Selanjutnya, vaksinasi dilakukan di area Jatim pertama kali pada Kamis (14/1/2021) lalu dengan prioritas SDM Kesehatan. Sejumlah pejabat dan tokoh di Jatim telah menerima vaksinasi tersebut, mulai dari Wagub Jatim Emil Dardak, Plt Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana, hingga beberapa perwakilan dari DPRD Kota dan Provinsi.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar