5 Kebiasaan Sederhana Ini Bikin Panjang Umur, Rutin Dilakukan?

  Kamis, 21 Januari 2021   M. Naufal Hafizh
[Ilustrasi] Sebanyak 5 kebiasaan sederhana bisa berpotensi memperpanjang usia Anda. (Pixabay/Gino Crescoli)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM — Tidak sedikit orang ingin panjang umur. Berbagai cara pun ditempuh. Namun, secara umum, ada 5 kebiasaan sehari-hari yang bisa membuat Anda panjang umur. Apakah Anda sudah rutin melakukannya?

Studi terbaru dari Universitas Harvard menunjukkan, jika orang dewasa di Amerika mengadopsi lima kebiasaan sehat dalam kehidupan sehari-hari, mereka dapat meningkatkan harapan hidup lebih dari satu dekade.

Kebiasaan tersebut tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Kebiasaan itu hanya perubahan sederhana dalam berperilaku.

Seperti dilansir dari Everyday Health, Kamis (21/1/2021), berikut 5 kebiasaan yang bisa membuat Anda panjang umur:

1. Berhenti merokok;

2. Mengonsumsi makanan sehat;

3. Olahraga ringan hingga berat setidaknya 30 menit per hari;

4. Pertahankan berat badan ideal; dan

5. Mengurangi atau mengonsumsi alkohol dalam jumlah sedang.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Circulation, April 2018 ini, lima hal tersebut dapat memperpanjang usia harapan hidup Anda pada usia 50 tahun lebih, mulai dari 14 tahun untuk wanita dan lebih dari 12 tahun untuk pria.

"Orang-orang hanya perlu mengadopsi langkah kecil untuk bergaya hidup yang lebih sehat," kata kepala penelitian Yanping Li, MD, PhD.

Li mengatakan, perubahan gaya hidup ini, secara jangka panjang, akan berdampak besar pada usia. Gaya hidup lebih ini dapat membantu mencegah penyakit jantung dan kematian dini pada orang yang berpenyakit jantung.

Dalam proses penelitian, Li dan timnya menganalisis data dari Nurses’ Health Study dan The Health Professionals Follow-up Study. Keduanya merupakan studi berskala besar dan sedang berlangsung, yang mengamati total gabungan 123.219 orang Amerika.

Para peneliti tersebut mengumpulkan data ini dengan informasi dari Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional (NHANES) dan data kematian dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit untuk melihat faktor gaya hidup, seperti olahraga dan diet, mempengaruhi harapan hidup dari waktu ke waktu di Amerika Serikat.

Selama 34 tahun masa tindak lanjut, tercatat ada 42.167 kematian, dengan 13.953 di antaranya karena kanker. Sementara itu, 10.689 lain disebabkan penyakit jantung.

Tim Li menemukan bahwa orang-orang yang menjalankan lima rekomendasi gaya hidup sehat, 74 persen lebih kecil untuk mati selama periode tindak lanjut. Dalam kelompok keseluruhan itu, 82 persen lebih kecil kemungkinannya meninggal karena penyakit jantung, sementara 65 persen lebih kecil kemungkinannya meninggal karena kanker setelah mengadopsi perilaku tersebut.

Li menambahkan bahwa temuan ini menunjukkan "ruang besar potensi peningkatan harapan hidup orang Amerika" jika perubahan ini dilakukan.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar