Segera Hentikan, 6 Kebiasaan Ini Jadi Penyebab Ginjal Rusak!

  Kamis, 21 Januari 2021   M. Naufal Hafizh
[Ilustrasi] Kebiasaan sehari-hari, utamanya gaya hidup yang tidak sehat dapat merusak ginjal. (Pixabay)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM – Sejumlah kebiasaan sehari-hari, yang mungkin tidak ada sadari, berperan dalam merusak kesehatan ginjal.

Ginjal yang bermasalah akan berdampak besar pada kesehatan tubuh manusia secara umum. Kebiasaan yang salah yang meliputi gaya hidup, pola makan, hingga aktivitas yang sering diabaikan, bisa merusak ginjal.

Melansir dari The healthy, berikut ini 6 kebiasaan sehari-hari yang memicu masalah ginjal.

1. Konsumsi makanan kemasan

Sebagian besar makanan kemasan mengandung banyak natrium yang buruk untuk jantung dan ginjal. Ketika Anda terlalu banyak asupan garam, tubuh akan mengeluarkan natrium saat buang air kecil yang mengandung kalsium. Padahal terlalu banyak kalsium dalam urine dapat meningkatkan risiko batu ginjal.

Dietary Guidelines for Americans pun menyarankan untuk membatasi natrium pada 2.300 miligram per hari. Di sisi lain, masih banyak orang kurang menyadari asupan natrium hariannya.

2. Tekanan darah tidak terkendali

Tekanan darah tinggi akan berdampak pada organ tubuh lain, termasuk ginjal . Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi di pembuluh darah besar atau yang lebih kecil, kondisi ini dapat merusak pembuluh darah yang menuju ke ginjal lalu menimbulkan permasalahan lainnya.

3. Tidak berhenti merokok

Selain kanker paru-paru, kebiasaan merokok memicu masalah ginjal. Studi 2012 menemukan bahwa berhenti merokok selama 16 tahun atau lebih mengurangi risiko karsinoma sel ginjal (bentuk paling umum kanker ginjal pada orang dewasa) sebesar 40 persen.

Merokok pun dapat merusak pembuluh darah dan meningkatkan risiko tekanan darah tinggi. Karena itu, para perokok aktif sudah seharusnya memikirkan kesehatan mereka secara jangka panjang.

4. Jarang minum air putih

Kondisi ginjal akan baik-baik saja meski tidak rutin minum air 8 gelas sehari. Namun, minum air putih kurang dari 4 gelas sehari mungkin akan memancing masalah ginjal.

Hal itu karena tubuh membutuhkan cairan yang cukup untuk mengontrol kadar natrium dan menjaga tekanan darah. Jadi, pastikan Anda minum cukup air setiap harinya.

5. Sering konsumsi suplemen

Banyak orang mengira suplemen termasuk bahan alami yang aman dikonsumsi setiap hari. Padahal, terlalu sering mengonsumsi suplemen bisa membahayakan kesehatan ginjal. Suplemen bisa saja mengandung bahan berbahaya jika dikonsumsi terus-menerus.

6. Konsumsi obat penghilang rasa sakit

Jika suka mengonsumsi obat pereda nyeri atau sakit, Anda harus berhati-hati. Apalagi jika Anda jarang minum air putih. Sebab, obat anti-inflamasi Nonsteroidal Anti-inflammatory Drugs (NSAID) yang termasuk ibuprofen dan aspirin dapat mengurangi aliran darah ke ginjal.

Pada akhirnya, kondisi ini akan menyebabkan jaringan parut karena meracuni organ. Jadi, terlalu sering mengonsumsi NSAID dapat meningkatkan risiko kerusakan ginjal.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar