Kisah Rumah Hantu Darmo, Mistis, Rusuh, dan Sempat Ditutup Satpol PP

  Kamis, 21 Januari 2021   Praditya Fauzi Rahman
Rumah hantu Darmo. (Praditya Fauzi Rahman/ayosurabaya)
TANDES, AYOSURABAYA.COM -- Siapa sangka, di balik hingar bingar Kota Surabaya masih tersirat kisah misteri. Salah satu penyumbang kisah mistis kali ini berasal dari Rumah Hantu Darmo, Surabaya. 
 
Ketika AyoSurabaya.com berada di rumah yang berlokasi di Jalan Raya Darmo Harapan pada Kamis (21/1/2021) siang, memang benar desas desus mistis itu. Suasana sepi, karut marut bangunan yang tak terawat, hingga ilalang yang mulai menyelimuti bangunan megah itu menjadi ciri khas keangkeran rumah tak berpenghuni itu. 
 
Bangunan tersebut masih berdiri kokoh dan hanya mempunyai satu buah pintu masuk pada sisi selatannya. Nuansa magis begitu mencekam saat langkah kaki pertama memasuki area rumah angker itu. 
 
DSCF9921
 
Kendati sempat populer karena cerita mistisnya, Rumah Hantu Darmo masih dipercayai masyarakat dan pengguna jalan sebagai lokasi yang dipenuhi misteri dan hantu. Bahkan, tak sedikit pula yang menganggap rumah megah itu mempunyai energi supranatural hingga menjadi kerajaan bagi makhluk halus yang ada disana. 
 
AyoSurabaya.com mewawancarai salah satu pengunjung rumah angker yang tengah melakukan sesi foto. Hilman Fernanda namanya. Ia mengaku sempat merinding meski sudah dua kali memasuki rumah tersebut. Ia mengaku nekat dan memberanikan diri mendatanginya lagi meskipun tak sedikit orang yang menyebar rumor mistis. 
 
"Iki maeng ngeterno koncoku mas, jarene pengen eroh panggone, sakjane yo rodok wedi, tapi yowes lah gapopo, mumpung awan, lek bengi yo sepurane aku emoh, budalo dewe ae (ini tadi mengantar teman saya mas, katanya ingin tahu tempatnya. Sebenarnya ya agak takut, tapi ya sudah lah ya tidak apa-apa, kebetulan pas siang juga. Kalau malam gitu ya mohon maaf, saya tidak mau. Mending dia berangkat aja sendiri saja)," ujar pria yang akrab disapa Hilman, Kamis (21/1/2021). 
 
Seteguk, dua teguk es teh melepas dahaganya usai berbincang. Lalu ia melanjutkan obrolan.
 
Warga asal Mojokerto itu mengatakan memang lokasi itu kerap dipergunakan muda mudi untuk melakukan hunting foto. Ia menjelaskan, beberapa rekannya yang saat itu akan merilis album, juga melakukan sesi foto di rumah yang penuh kisah misteri itu. 
 
"Biyen yo onok koncoku band-bandan yo pernah foto nak kene mas, gawe sampul grup band jarene. Mboh saiki, paling band e wes kukut (Dulu ada teman saya band-bandan ya pernah foto disini mas, katanya untuk sampul grup bandnya. Tidak tahu lagi sekarang, paling ya udah bubar)," lanjutnya, kemudian tertawa. 
 
Petang menjelang, obrolan dengan Hilman semakin mistis. Ia menegaskan, pada saat pertama kali datang, dirinya pernah melihat ada sejumlah sisa dupa. Pada sisi belakang dan lantai dua rumah, ia juga mencium aroma wangi menyan. 
 
"Biyen pas pertama mrene tambah sangar mas. Ambu dupo, ambu menyan, sampek kudu muntah (Dulu pas pertama malah tambah sangar mas. Bau dupa, bau menyan, sampai ingin muntah rasanya)," kata pria berusia 31 tahun itu 
 
Terpisah, pengunjung lainnya Krisna Fajar mengungkapkan ada hal lain yang tersembunyi dibalik kisah mistis. Ia menjelaskan, dahulu banyak anak muda yang bergerombol disana. Melakukan beragam aktivitas negatif, seperti minum minuman keras, hingga menggunakan obat-obatan terlarang. 
 
"Dulu pernah dibuat minum (miras)," jelas pria yang bekerja di salah satu stasiun tv lokal Jatim itu.
 
Lantaran tempat kerjanya tak jauh dari Rumah Hantu Darmo, begitu pula saat perjalanan berangkat dan pulang kerja, Krisna mengaku tak ada yang mengerikan dari rumah itu. Ia beranggapan, saking seringnya ia melintas rumah mistis itu, semakin lama rasa takutnya memudar. 
 
"Dulu, awal-awal ke kantor sini memang agak ngeri, tapi lama-lama ya biasa aja sih, mungkin saking seringnya kali ya," sebut warga Kertajaya, Surabaya itu. 
 
DSCF9924
 
Dari sisi depan, Rumah Hantu Darmo memang begitu megah nan mistis.
 
Data yang diperoleh AyoSurabaya.com menyebut, rumah itu memiliki luas tanah sekitar 1500 meter persegi dan memiliki lebih dari sepuluh ruangan. Bahkan, sebagian ruangannya terlihat masih berdiri kokoh. Bangunan itu memiliki 3 lantai dan 1 ruangan bawah tanah. 
 
Namun, ketika AyoSurabaya.com berada di ruangan pertama dan kedua, tak ada sisa botol miras dan alat kontrasepsi seperti yang dikisahkan masyarakat setempat. Namun, setiap sudut begitu rusuh, tak terawat, penuh debu, dan semak belukar. Mungkin, memang sudah dibersihkan pihak keamanan setempat. 
 
Rumah yang berlokasi di kawasan Surabaya Barat itu sempat disterilkan oleh pihak Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), tepatnya menjelang pergantian malam tahun baru atau 31 Desember 2016.
 
Saat itu, warga dilarang menginjakkan kaki lagi di rumah angker tersebut lantaran telah dipasang garis pembatas milik Satpol PP berwarna kuning dengan lambang Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.Penyebabnya, saat itu, sekitar November 2016, warga sekitar dihebohkan dengan penangkapan belasan muda mudi yang terjaring razia tengah mengonsumsi miras dan 'ngobat'.
 
Masyarakat masih mengenal rumah itu menjadi salah satu lokasi angker di kota pahlawan. Bahkan, lokasi itu pun pernah menjadi target uji nyali ketika sedang ramai-ramainya acara uji nyali di beberapa stasiun televisi nasional.  
 
Bagaimana? Apakah Anda ingin mencoba bermalam di rumah megah ini?

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar