Sidak Prokes, Polisi Berikan Hadiah kepada Warga yang Patuh

  Kamis, 21 Januari 2021   Praditya Fauzi Rahman
Ilustrasi sidak protokol kesehatan. (ayosurabaya)

BUBUTAN, AYOSURABAYA.COM -- Sejumlah instansi pemerintah beramai-ramai mengadakan razia protokol kesehatan (prokes) di sejunlah titik di Jatim, termasuk di Surabaya. Hasilnya, ada sejumlah pelanggar yang terjaring razia prokes selama Pemberlakuan Pembatasa Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali selama sepekan. 

Selain penindakan dan sanksi, ada juga apresiasi yang diberikan. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Polrestabes Surabaya dengan Mobil Senyum Polrestabes Surabaya. 

Pada Kamis (21/1/2021) petang, mobil bertuliskan "Sehatmu Semangatku, Loss Doll" menyasar beberapa warga terbukti menerapkan dan mematuhi prokes seperti mengurangi mobilitas, mengenakan masker, menjaga jarak, membiasakan cuci tangan, hingga menghindari kerumunan. 

Salah satu warga yang diganjar apresiasi oleh Polrestabes Surabaya adalah Jumari. Ketika itu ia sedang menjajakan dagangan krupuk sembari mengenakan masker dan menjauh dari keramaian. 

"Terima kasih. Tidak hanya diingatkan, tapi juga di beri hadiah," jelas Jumari, lalu tersenyum. Kamis (21/1/2021). 

AYO BACA : 7 Wilayah di Jatim Zona Merah, Kota Surabaya Zona Apa?

Selain Jumari, beberapa warga yang terpantau menerapkan prokes 5M juga diberi apresiasi serupa. 

Terkait hal itu, Kasat Resnarkoba Polrestabes Surabaya AKBP Memo Ardian menjelaskan pihaknya sengaja menciptakan mobil itu. Memo menuturkan, tujuannya tak lain untuk menekan angka penyebaran Covid-19 di Surabaya. 

"Sesuai perintah Kapolda Jatim dan Kapolrestabes Surabaya, kami memberi reward kepada warga yang patuh bermasker," beber Memo kepada AyoSurabaya.com. 

Memo menambahkan, mobil sehat juga akan memasuki sejumlah kampung di Surabaya dan mennargetkan warga yang patuh dengan promes. Apabila tak menemukan warga tak menggunakan masker, sambung Memo, pihaknya juga akan tetap mengingatkan secara lisan dan memberikan masker secara cuma-cuma. Memo berharap, dengan tingkat kepatuhan masyarakat menerapkan prokes, penyebaran virus Covid-19 dapat ditekan.
 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar