5 Cara Mencegah Covid-19 Ini Keliru, Termasuk Pakai Obat Kumur

  Sabtu, 23 Januari 2021   M. Naufal Hafizh
[Ilustrasi] Kasus positif Covid-19 di Indonesia masih terus meningkat. Di sisi lain, banyak beredar informasi yang menyebutkan cara mencegah corona Covid-19 yang salah atau keliru. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM – Kasus positif Covid-19 di Indonesia masih terus meningkat. Di sisi lain, banyak beredar informasi yang menyebutkan cara mencegah corona Covid-19 yang salah atau keliru.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun menyebut informasi pencegahan yang keliru sebagai infodemik.

Profesor Paul Hunter dari Norwich Medical School, University of East Anglia (UEA) dilansir oleh The Sun, mengatakan, informasi palsu itu bisa menyebabkan saran yang buruk bagi orang-orang yang sedang takut penularan virus corona Covid-19.

Cara Mencegah Virus Corona Covid-19 yang Keliru

Karena banyaknya anggapan yang keliru dan beredarnya hoaks melalui WhatsApp, berikut ini 5 cara mencegah virus corona Covid-19 yang keliru:

1. Vitamin C bisa melindungi diri dari virus

Belum ada bukti kuat bahwa vitamin C bisa membantu melawan virus corona Covid-19.

Vitamin yang diperoleh dari sayuran hijau, buah-buahan, dan suplemen hanya membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit.

2. Minum air setiap 15 menit

Dokter William Schaffner, seorang ahli penyakit menular di Vanderbilt University mengatakan, orang sakit maupun sehat memang harus menjaga asupan cairan tubuh dan menjaga selaput lendirnya tetap lembab. Namun, cara ini bukan berarti melindungi kita dari virus corona Covid-19.

3. Mencukur rambut wajah

Beredar informasi bahwa pria disarankan mencukur jenggotnya untuk mencegah penyebaran virus corona Covid-19. Jenggot yang terlalu lebat bisa mengganggu masker tidak menutup bagian wajah dengan efektif.

Faktanya, mencukur jenggot dan rambut tidak serta-merta membantu Anda terhindar dari virus corona Covid-19. Cara ini disarankan supaya masker bisa bekerja efektif dalam menutup sebagian wajah.

4. Pakai obat kumur

Pemakaian obat kumur secara rutin juga tidak mencegah penularan virus corona Covid-19. WHO mengatakan, tidak ada bukti ilmiah bahwa penggunaan obat kumur bisa melindungi diri dari infeksi virus corona Covid-19.

"Beberapa obat kumur memang membunuh mikroba tertentu dalam air liur. Namun, ini bukan berarti obat kumur melindungi kita dari virus corona Covid-19," kata WHO.

5. Makan bawang putih

Konsumsi bawang putih memang bisa mengatasi flu, tetapi bukan berarti tindakan ini bisa mencegah penularan virus corona Covid-19.

Menurut WHO, bawang putih adalah makanan sehat yang memiliki beberapa sifat antimikroba. Namun, tidak ada bukti bahwa bawang putih bisa mencegah penularan virus corona Covid-19.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar